Sukabumi Update

Januari 2023: 15 Kejadian Bencana di Kabupaten Sukabumi, BPBD: Kerugian Rp 190 Juta

Longsor. BPBD Kabupaten Sukabumi catat ada 15 kejadian bencana sepanjang Januari 2023 (Sumber: bpbd)

SUKABUMIUPDATE.com - BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) mencatat ada 15 kali kejadian bencana di Kabupaten Sukabumi Jawa Barat sepanjang bulan Januari 2023. Longsor, banjir, angin kencang dan bencana lainnya menerjang 11 kecamatan di Kabupaten Sukabumi.

Hal ini diungkap Kalak BPBD Kabupaten Sukabumi, Wawan Gondawan Saputra melalui manajer Pusdalops, Daeng Tisna, kepada publik Rabu (1/2/2024). “Ada 15 kejadian bencana sepanjang Januari 2023, dimana paling banyak adalah longsor,” ucapnya kepada sukabumiupdate.com.

Dari 15 kejadian bencana, 7 adalah longsor, 4 angin kencang, 2 banjir, 1 pergerakan tanah dan 1 lain-lainnya. Akibat dari belasan bencana ini, lanjut Daeng 15 kepala keluarga (38 jiwa) mengungsi, 1 kepala keluarga (8 jiwa) luka.

Baca Juga: Lahan Kopi 1.510 Hektare, Distan Sukabumi Kembangkan Potensi Arabika dan Robusta

“Terdata dari laporan P2BK bencana sepanjang bulan Januari 2023 ini menyebabkan 6 unit rumah rusak, 8 rumah terancam dan 7 fasum-fasos dan sarana lainnya terdampak. Dengan taksiran kerugian materi mencapai Rp 190 juta,” beber Daeng.

15 kejadian bencana ini menerjang 11 kecamatan, antara lain Nagrak, Cicantayan, Ciemas, Simpenan, Warungkiara, Cicurug, Purabaya, Cidolog, Cisolok, Kadudampit dan Surade.

BPBD ungkap Daeng menghimbau warta yang tinggal di kawasan rawan bencana, baik longsor, banjir maupun pergerakan tanah untuk tetap waspada. Begitupun selalu mengecek kondisi struktur bangunan baik tempat tinggal maupun fasilitas umum lainnya.

Sumber: Advertorial

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT