Sukabumi Update

Konsumsi Minuman Energi dan Kopi, Pelajar SMP di Kota Sukabumi Sesak Nafas

Ilustrasi. Pelajar salah satu SMP Negeri di Kota Sukabumi harus dilarikan ke pusat layanan kesehatan terdekat, karena sesak nafas setelah konsumsi minuman energi (Sumber: pixabay)

SUKABUMIUPDATE.com - Seorang pelajar salah satu SMP Negeri di Kota Sukabumi harus dilarikan ke pusat layanan kesehatan terdekat, karena sesak nafas. Pelajar yang bersekolah di Kelurahan Subangjaya ini alami gangguan kesehatan tak lama setelah mengkonsumsi minuman energi.

Kepala sekolah menjelaskan bermula saat jam istirahat sekolah, sekira pukul 11.00 WIB, para Selasa 31 Januari 2023. Seorang pelajar mengeluh sesak nafas setelah mengkonsumsi minuman energi dalam kemasan gelas plastik.

"Ada siswi yang mengalami sesak nafas," ungkap Siti Nuraeni, kepala sekolah kepada sukabumiupdate.com, Kamis (2/2/2023).

Pihak sekolah langsung membawanya korban ke Puskesmas Sukabumi (Ciaul). Setelah ditangani dokter dan tim medis puskesmas dan hari ini pelajar tersebut masih beristirahat.

Dokter di Puskesmas Ciaul, Rizky Febrina membenarkan kejadian tersebut. Ia tidak terlalu yakin jika sesak nafas yang dialami korban semata-mata akibat minuman energi yang dikonsumsinya.

Dokter Rizky menyebut ada riwayat gangguan lambung dan saat mengkonsumsi minuman tersebut, pelajar itu dalam kondisi perut kosong belum sarapan.

"Saya periksa paru-parunya tidak ada masalah apa-apa. Artinya jalan nafasnya baik-baik saja. Setelah periksa lanjut saya curiga ini disebabkan gangguan asam lambung" ujarnya kepada sukabumiupdate.com.

Selain itu, lanjut dokte Rizky pelajar tersebut juga diketahui sempat minum kopi

"Dua minuman itu kan bisa mengakibatkan asam lambung naik. Ditambah kondisi perutnya kosong. Produksi asam lambungnya meningkat dan bisa memicu keluhan sesak" ungkapnya.

Pasca kejadian ini, pihak sekolah menghimbau seluruh pelajar untuk sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah untuk selalu menjaga kesehatan.

Reporter: Awal (Magang)

 

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT