Sukabumi Update

Wakil Bupati Sebut Semua Puskesmas di Kab. Sukabumi Sudah Terakreditasi

Iyos Somantri saat menyampaikan paparan dalam rapat virtual Penyusunan Pedoman Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional Redistribusi Kepesertaan JKN | Foto : Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menyebutkan bahwa semua puskesmas di Kabupaten Sukabumi sudah terakreditasi. Hal itu Iyos sampaikan saat memberikan paparan dalam rapat virtual Penyusunan Pedoman Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional Redistribusi Kepesertaan JKN yang berlangsung di Ruang Pertemuan BKPSDM. Kamis (02/02/2023).

"Semua puskesmas sudah terakreditasi. Seperti diketahui Puskesmas melakukan pelayanan secara komprehensif mulai dari promotif, preventif, kurafif dan rehabilitatif," ungkap Iyos

Program promotif preventif dan rehabilitatif diantaranya Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, Pemberdayaan Masyarakat untuk PHBS, Germas. Selain itu ada juga Program penurunan stunting, KIA-program penurunan kematian ibu dan bayi, Gizi, Imunisasi-vaksinasi, Pencegahan dan pengendalian penyakit menular (P2PM) dan penyakit tidak menular (PTM), Dokter Masuk Kampung serta Perkesmas.

Baca Juga: Viral Puskesmas Palabuhanratu Sukabumi Terendam Banjir, Ini Penjelasan Camat

"Puksesmas lebih dekat akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat, oleh karena itu dengan adanya jejaring fasilifas kesehatan. Maka SDM kesehatan, sarana dan prasarana Puskesmas lebih memadai dan lebih lengkap." Ungkapnya.

Kemudian, Kata Iyos, saat ini Kabupaten Sukabumi telah memiliki Jejaring puskesmas lebih banyak seperti Puskesmas Pembantu l, Puskesmas Keliling, Bidan Desa dan Perawat Desa. Selain itu Jejaring puskesmas untuk optimalisasi koordinasi pelayanan lebih lengkap seperti Rumah Sakit, Klinik, Apotek, Laboratorium Klinik dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan lainnya.

"Selain itu Profesi yang ada di puskesmas juga lebih lengkap diantaranya Dokter umum dan dokter gigi, Bidan, Perawat, Tenaga kesehatan masyarakat, Tenaga kesehatan lingkungan, Tenaga kesehatan laboratorium, Tenaga gizi, Tenaga kefarmasian, Tenaga Lain lain seperti K3, administrasi, satpam, IT dan Sopir" tandasnya.

 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT