Sukabumi Update

Dipicu Hujan Angin, Pohon Tumbang Timpa Dua Bangunan di Simpenan Sukabumi

Pohon kluwih berukuran besar yang tumbang menimpa bangunan di Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Angin kencang disertai hujan mengakibatkan pohon Kluwih tumbang di Kampung Selakopi RT 04/05, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Kamis malam, 2 Februari 2023 sekira pukul 20.30 WIB.

Akibatnya, dua bangunan di sekitar lokasi rusak berat pada bagian atap lantaran tertimpa pohon tumbang berukuran besar tersebut.

“Kejadian malam tadi saat angin kencang disertai hujan. Saya dapat informasi dari pak RT katanya ada pohon kluwih tumbang menimpa rumah milik warga dan pos polisi,” kata PHL Pos Polisi Simpenan Anang Suryana, Jumat (3/2/2023).

Menurutnya, bangunan rumah milik Eti yang dihuni empat jiwa mengalami kerusakan paling parah. Seluruh bagian atap rumah rusak berat dan harus dibongkar total.

Proses evakuasi pohon tumbang dilakukan warga dibantu petugas pemadam kebakaran setempat dengan memotong batang serta ranting menggunakan dua mesin (gergaji mesin) milik warga dan damkar.

Baca Juga: Longsor-Pohon Tumbang di Cisarakan Tutup Jalur Cikidang-Palabuhanratu Sukabumi

“Kerugian materi untuk rumah sekitar Rp 20 juta. Pospol kerusakan tidak terlalu parah sekitar Rp 5 juta karena kerusakan hanya pada bagian atas bangunan kalau di bawah tidak ada yang rusak,” ujarnya.

Beruntung, lanjut dia, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sebab, kedua bangunan dalam keadaan kosong saat peristiwa terjadi.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa karena penghuni rumah sedang berada di luar dan pekerja di Pospol sudah pada pulang,” katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT