Sukabumi Update

Dispar Soal Kios Cinderamata Geopark di Pantai Karanghawu Sukabumi yang Tak Terawat

Kios cinderamata Geopark di Objek Destinasi Tujuan Wisata (ODTW) Pantai Karanghawu, Desa/Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pariwisata atau Dispar Kabupaten Sukabumi angkat bicara perihal bangunan kios cinderamata Geopark di Objek Destinasi Tujuan Wisata (ODTW) Pantai Karanghawu, Desa/Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, yang tak terawat.

Subkoordinator Destinasi Wisata Dispar Kabupaten Sukabumi, Riki Agus Ramdan mengatakan, pihaknya sudah berupaya mendorong adanya perbaikan bangunan yang dikhususkan untuk ditempati pedagang kaki lima (PKL) dan promosi UMKM tersebut.

Namun, Dispar belum bisa melangkah lebih jauh, karena bangunan tersebut termasuk dalam rencana revitalisasi ODTW Pantai Karanghawu tahap 2 pada tahun ini melalui bantuan anggaran dari Pemprov Jabar. Saat ini, lanjut dia, Dispar Kabupaten Sukabumi dalam posisi menunggu.

"Sudah kami ajukan perbaikan, kami dari Dinas sudah berupaya. Tinggal menunggu respon dari Pemerintah Provinsi dan Pemkab Sukabumi," kata Riki kepada awak media belum lama ini.

Baca Juga: Lestarikan Budaya, Disbudpora Sukabumi Dukung Event Hari Nelayan Palabuhanratu

Selain itu, Riki mengungkapkan, rencana relokasi PKL di sekitar lokasi dalam rangka penataan juga sudah termasuk dalam site plan revitalisasi tahap kedua Pantai Karanghawu.

"Kami siap merelokasi warung-warung PKL tersebut, tapi kami belum bisa menjawab relokasinya di mana, apakah angkringannya itu sebelah mana, karena sungguh tidak adil bagi masyarakat apabila mereka disuruh pindah, direlokasikan tapi tempatnya belum siap," ujarnya.

“Di site plan yang baru di Karanghawu itu ada tiga baris (bangunan untuk PKL), 50 lebih warung kalau tidak salah itu mereka akan ditempatkan di sana. Jadi kita hari ini belum bisa berbicara apa-apa, dikarenakan masyarakat ingin pindah ditempatkan di mana. Kitanya belum siap, tempatnya di sebelah mana,” pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT