Sukabumi Update

Si Jempol Lentik, Cara Disdukcapil Kota Sukabumi Jemput Bola Layanan di Baros

Kegiatan Si Jempol Lentik yang dilaksanakan Disdukcapil Kota Sukabumi di kantor Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Sabtu (4/2/2023). | Foto: SU/Magang/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan Si Jempol Lentik alias siap jemput bola pelayanan-lengkapi identitas kependudukan di kantor Kelurahan Baros, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi, Sabtu (4/2/2023).

Kegiatan tersebut bertujuan melakukan pembaruan data kependudukan sekaligus melakukan sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Si Jempol Lentik juga merupakan upaya Disdukcapil Kota Sukabumi dalam mempermudah masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukan.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi mengatakan Si Jempol Lentik sudah berjalan lima kali dalam dua bulan terakhir. Program ini dilaksanakan setiap Sabtu di kelurahan yang dianggap pengurusan dokumen kependudukannya belum sebaik kelurahan atau wilayah lainnya.

Baca Juga: Gandeng Kampus, Disdukcapil Kota Sukabumi Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

"Dengan adanya program ini, Disdukcapil Kota Sukabumi juga memiliki target untuk mengejar masyarakat berusia 17 tahun agar secepatnya mengurus dokumen kependudukan," kata Kardina kepada sukabumiupdate.com di lokasi kegiatan.

Sementara IKD merupakan aplikasi digital yang akan mempermudah warga untuk menyimpan setiap dokumen kependudukan. Aplikasi ini juga terhubung dengan pelayanan publik lainnya seperti BPJS, Info Vaksin, NPWP, Kartu Hak Pilih, dan untuk mengetahui TPS mana yang harus dikunjungi.

"Agar masyarakat tidak kesulitan dan repot lagi harus membawa dokumen fisik ketika akan mengurus keperluannya. Semua sudah tersimpan di handphone masing-masing," ujar kardina.

Dalam kegiatan ini antusias warga sangat tinggi, mengingat keterbatasan masyarakat dalam informasi untuk mengurusi setiap dokumen yang bermasalah atau belum selesai. Yanti Rosdianti, warga Kecamatan Baros ini mengungkapkan kegembiraannya terhadap program Si Jempol Lentik.

"Kegiatannya bagus dan sangat membantu masyarakat yang mau mengurus dokumen, tidak perlu jauh-jauh ke kantor Disdukcapil," katanya.

(Advertorial)

Reporter: Asep Awaludin (Magang)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT