Sukabumi Update

Cibugis, Juara Kontes Durian Diajukan Distan Sukabumi sebagai Varietas Buah Unggulan

Distan Kabupaten Sukabumi bersama Kepala BPSBTPH Provinsi Jabar Yanti Hidyatun Zakyah dan tim melakukan kunjungan ke lokasi kebun pohon durian Cibugis. | Foto: IG @dinaspertaniankab.smi

SUKABUMIUPDATE.com - Sebagai salah satu upaya pelestarian genetik buah unggulan lokal Kabupaten Sukabumi, durian "Cibugis" yang menjadi pemenang pertama pada ajang Kontes Durian 2023, milik Asep Misbahudin Poktan Cibugis Desa Palasarihilir Kecamatan Parungkuda, akan diajukan sebagai varietas buah unggulan lokal Kabupaten Sukabumi.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada hari Jumat 3 Februari 2023, Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi bersama Kepala Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura (BPSBTPH) Provinsi Jawa Barat Yanti Hidyatun Zakyah dan tim melakukan kunjungan ke lokasi kebun pohon durian tersebut.

Kepala Distan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap mengatakan, dalam proses pengajuan sebagai varietas buah unggulan, diperlukan beberapa tahapan yang diawali dengan pendaftaran varietas.

"Untuk itu pada tahap awal, pengamatan dan uji kebenaran varietas dalam karakterisasi tanaman durian telah dilakukan terhadap durian Cibugis," ujar Tuty dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com, Minggu (5/3/2023).

Baca Juga: Heboh Nenek Korban Pencabulan di Sukabumi Dipolisikan Pelaku, Kapolres Angkat Bicara

Selanjutnya, kata Tuty, dilakukan uji keunggulan varietas untuk menghasilkan deskripsi varietas yang kemudian akan diajukan pendaftaran.

"Kita berharap seluruh proses dan tahapan lanjutan yang dipersyaratkan dapat dilalui dan memenuhi kriteria, sehingga durian Cibugis layak untuk dijadikan sebagai varietas buah lokal unggulan Kabupaten Sukabumi," tuturnya.

Turut hadir mendampingi pada kesempatan tersebut tim dari bidang Sarana Distan, PPL Kecamatan Parungkuda dan PMHP Kabupaten Sukabumi.

(Advertorial)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT