Sukabumi Update

Badai Terjang Palabuhanratu Sukabumi, Pohon Tumbang dan Bangunan Rusak

Pohon tumbang di jalan raya Loji ruas Palabuhanru Simpenan setelah badai terjang pesisir selatan Sukabumi, Senin (6/1/2023) (Sumber: bpbd)

SUKABUMIUPDATE.com - Badai kembali menerjang wilayah Sukabumi Jawa Barat, Senin (6/1/2023). Angin kencang disertai hujan membuat panik warga pesisir selatan Sukabumi, khususnya wilayah Palabuhanratu dan sekitarnya.

Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutina menegaskan badai (hujan disertai angin kencang) menyergap kawasan Palabuhanratu dan sekitarnya, sekira pukul 10.00 WIB.

“Dilaporkan ada sejumlah pohon tumbang dan bangunan yang terdampak,” jelas Daeng kepada sukabumiupdate.com, lewat pesan whatsapp.

Baca Juga: Hujan Badai Terjang Kota Sukabumi, BPBD Pantau Dampak Kerusakan

Sejauh ini tim lapangan, P2BK dan relawan lainnya masih melakukan penanganan lanjut Daeng. “Baru laporan visual, dari foto dan video di sejumlah lokasi di pesisir Palabuhanratu dan sekitarnya.

Dilaporakan pohon tumbang menutup jalan ruas Palabuahanratu-Simpenan-Kiaradua. Batang pohon pinggir jalan patah dan tumbang ke jalanan.

Sejumlah relawan kebencanaan kecamatan dan petugas lainnya, TNI dan Polri beber Daeng sudah berada di lokasi untuk mengevakuasi pohon tersebut.

Baca Juga: BKSDA Bakal Cek Keberadaan Buaya Penunggu Situ Cikalapa di Surade Sukabumi

Selain itu, dilaporkan juga dampak dari badai merusak bangunan di kawasan wisata pantai Cibangbang Desa Pasir Baru Kecamatan Cisolok. “Ada bangunan yang ambruk, akibat diterjang badai,” ungkap Daeng.

Belum dilaporkan adanya korban dari peristiwa alam ini. Relawan BPBD Kabupaten Sukabumi masih berada di sejumlah kawasan yang dilaporkan mengalami dampak dari badai tersebut.

Potensi hujan dengan angin kencang di wilayah Sukabumi sudah diperkirakan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Lewat rilis, BMKG mengungkap prakiraan cuaca Sukabumi hari ini berpotensi hujan pada siang hingga dini hari, serta waspada pada potensi badai atau angin kencang.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sukabumi 6 Februari: Ada Potensi Hujan dan Waspada Angin Kencang

Informasi prakiraan cuaca Sukabumi ini bertujuan agar warga Sukabumi dan wisatawan yang berkunjung agar tetap waspada dan hati-hati saat akan melakukan aktivitas diluar.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT