Sukabumi Update

Wakil Wali Kota Sukabumi Beberkan Masalah Isu Strategis Ketahanan Pangan

Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami menghadiri FPD DKP3 tahun 2023 untuk perencanaan tahun 2024 di Gedung Pertemuan KAC Cikundul, Selasa (7/2/2023). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami menghadiri Forum Perangkat Daerah (FPD) Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi tahun 2023 untuk perencanaan tahun 2024 di Gedung Pertemuan KAC Cikundul, Selasa (7/2/2023).

Mengutip dari website KDP Setda Kota Sukabumi, kegiatan yang mengusung tema "Mewujudkan Ketersediaan Pangan yang Berkelanjutan untuk Mendukung Kondusifitas Kota Sukabumi" tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas DKP3 Adrian Haryadi dan yang mewakili Kepala BAPPEDA Kota Sukabumi.

Ketahanan pangan dan energi menjadi isu strategis yang berkembang di nasional bahkan tingkat global. Oleh sebab itu, perlu menjaga agar ketahanan pangan dan energi tidak mudah terguncang oleh gejolak kenaikan harga pangan dan energi global. Selain itu secara regional di Jawa Barat, terdapat beberapa tantangan dalam pemenuhan pangan penduduk.

"Tantangannya yaitu perubahan iklim, cuaca ekstrem, kekeringan, banjir, pandemi, serta disrupsi pasokan dan inflasi," ujar Wakil Wali Kota Sukabumi Andri S Hamami.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Sukabumi Ikut APEKSI OUTLOOK 2022 di Titik Nol IKN

Untuk menjawab tantangan pada isu ketahanan pangan, dalam rencana pembangunan daerah Kota Sukabumi 2024 2026 telah dirumuskan strategi peningkatan ketahanan pangan dengan arah kebijakan menjaga stabilitas harga barang kebutuhan pokok dan meningkatkan diversifikasi pangan masyarakat.

"Program strategis yang berdampak langsung pada masyarakat serta program-program yang memiliki daya ungkit terhadap kesejahteraan masyarakat perlu tetap dilanjutkan pelaksanaannya," ujar Andri.

Ditambahkan Andri, kondusifitas kota menjadi kata kunci utama dalam tema pembangunan Kota Sukabumi tahun 2024. Ini menunjukkan betapa pentingnya suasana kondusif yang perlu diciptakan dan dijaga di Kota Sukabumi. Tahun 2024 merupakan tahun politik di mana pemilu dan pilkada dilaksanakan.

"Situasi politik yang cenderung meningkat perlu diantisipasi dengan tetap menjaga dan meningkatkan stabilitas ekonomi, sosial, dan politik agar keberlangsungan pembangunan tetap terjaga," katanya.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT