Sukabumi Update

Festival Tunas Bahasa Ibu, Kadisdikbud Kota Sukabumi: Melestarikan Bahasa Sunda

Kepala Disdikbud Kota Sukabumi Mohammad Hasan Asari saat menghadiri penutupan Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Kota Sukabumi di SMPN 10 pada 8 Februari 2023. | Foto: Website Pemkot Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Sejumlah siswa SD dan SMP menjadi juara dalam Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Kota Sukabumi. Ketua PJPP Bahasa Sunda, Supriadi, sebagai ketua pelaksana kegiatan, saat penutupan festival pada 8 Februari 2023 di SMPN 10 mengatakan ajang ini mempertandingkan tujuh mata lomba dan diikuti 168 peserta.

Mengutip website Pemkot Sukabumi, Supardi menerangkan lomba tersebut dilaksanakan dalam tiga jenjang, mulai kecamatan hingga provinsi. Adapun kategori lomba di antaranya mengarang, ngabodor sorangan, dan membaca puisi. Dia berharap kegiatan ini mampu menanamkan kecintaan generasi muda terhadap budaya Sunda.

Baca Juga: Datangi Sekolah, Kadisdikbud Kota Sukabumi Bahas Latto-latto dan Penculikan Anak

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi Mohammad Hasan Asari yang hadir dalam penutupan Festival Tunas Bahasa Ibu tingkat Kota Sukabumi di SMPN 10, mengatakan ajang ini merupakan upaya menjaga kelestarian bahasa Sunda serta nilai yang terkandung di dalamnya, terutama pada para pelajar atau anak muda.

"Di Indonesia ada sekitar 718 bahasa daerah yang tentu setiap daerah punya kewajiban untuk melestarikan. Mudah-mudahan festival budaya ini menjadi salah satu dorongan dan motivasi pada para peserta didik dan guru untuk tetap konsisten membudayakan pemanfaatan bahasa ibu dalam kegiatan komunikasi sehari-hari," kata Hasan.

Sumber: Website Pemkot Sukabumi

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT