Sukabumi Update

BPBD Kota Sukabumi Mitigasi Bencana dengan Jemput Bola ke Kelurahan

BPBD Kota Sukabumi melakukan monitoring ke wilayah-wilayah. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - BPBD Kota Sukabumi sejak Januari 2023 gencar melakukan monitoring ke setiap kelurahan di Kota Sukabumi untuk meminimalisir segala kemungkinan-kemungkinan yang tidak diinginkan dalam hal kebencanaan.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Novian Rahmat Taufik. "Kami mengadakan program ini sejak Januari untuk mitigasi bencana dan sosialisasi bentuk pencegahan bencana kepada aparat kelurahan dan masyarakat," kata dia, Rabu, 8 Februari 2023.

Novian menyebut program mitigasi bencana ini akan dilakukan ke setiap kelurahan di Kota Sukabumi yang akan dikunjungi secara bergilir. Dalam prosesnya, kata dia, BPBD menurunkan 8 hingga 10 personel dengan sistem kerja shift untuk ke lapangan.

Baca Juga: Hujan Badai Terjang Kota Sukabumi, BPBD Pantau Dampak Kerusakan

Adapun dalam satu hari, akan dilakukan dua kali turun ke lapangan yakni antara siang dan malam. Kemudian dalam satu kali turun ke lapangan, ada dua kelurahan yang akan dikunjungi. Program ini juga untuk menghimpun segala informasi kebencanaan.

"Sehingga BPBD dapat menyimpulkan jenis bencana apa saja dan titik wilayah mana yang sering terjadi bencana dan akan menjadi wilayah perhatian khusus bagi BPBD Kota Sukabumi dalam proses penanganannya," ujar Novian.

"Selama program ini berjalan, kami menyimpulkan jenis bencana yang sering terjadi di Kota sukabumi adalah longsor, banjir, dan pohon tumbang. Dalam proses mitigasi bencana ini kami akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan aparat setempat untuk melakukan pencegahan bencana sedini mungkin, minimalnya tidak membuang sampah sembarangan," imbuh dia.

Adapun program lain dari BPBD Kota Sukabumi yaitu mitigasi bencana, monitoring mobil wilayah, dan kegiatan-kegiatan sosialisasi.

(Advertorial)

Reporter: Asep Awaludin (CRP)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT