Sukabumi Update

Sasar Pelajar, Layanan Si Jempol Lentik Pemkot Sukabumi Digelar di Sekolah

Layanan Si Jempol Lentik Disdukcapil Kota Sukabumi di SMA Mardi Yuana Kota Sukabumi pada Kamis (9/2/2023). | Foto: Dokpim Kota Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Layanan Siap Jemput Bola Pelayanan (Si Jempol) Lengkapi Identitas Kependudukan (Lentik) digelar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi di SMA Mardi Yuana, Kamis (9/2/2023).

Kegiatan ini dipantau Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi dan Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi. Diketahui, pada awal 2023, Disdukcapil menggelar sejumlah upaya untuk mendorong warga memiliki dokumen kependudukan yang lengkap khususnya di kalangan pelajar.

''Disdukcapil terus melakukan Si Jempol dan diharapkan semua dokumen kependudukan dapat dimiliki warga, apakah baru atau pembaruan,'' ujar Fahmi.

Baca Juga: Si Jempol Lentik, Cara Disdukcapil Kota Sukabumi Jemput Bola Layanan di Baros

Targetnya, pencapaian KTP elektronik, kartu keluarga, dan dokumen lainnya dapat dilengkapi melalui akses layanan kependudukan yang didekatkan kepada warga.

Dalam kesempatan itu Fahmi juga memberikan secara simbolis dokumen kependudukan kepada pelajar berusia 17 tahun. Fahmi pun melihat proses aktivasi identitas kependudukan kepada warga.

Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi Kardina Karsoedi mengatakan layanan Si Jempol Lentik ini merupakan yang pertama digelar pada Februari 2023. Sebelumnya, pada Januari 2023 juga digelar Si Jempol baik di wilayah maupun tempat lainnya.

Baca Juga: Gandeng Kampus, Disdukcapil Kota Sukabumi Aktivasi Identitas Kependudukan Digital

Layanan kependudukan ini digelar baik di kelurahan dan sekolah-sekolah serta fasilitas umum lainnya pada 2022. Kardina menerangkan kegiatan jemput bola pada kesempatan itu terlaksana secara tertib dan luar biasa.

Kardina mengungkapkan Si Jmpol Lentik tujuannya menjaring warga usia 17 tahun yang harus memiliki KTP elektronik. Sebab mereka berhak mengikuti pesta demokrasi di 2024. Berikutnya, kata Kardina, mengejar warga aktivasi identitas kependudukan digital. Apabila masyarakat sudah memiliki HP android.

Sumber: Website KDP Setda Kota Sukabumi

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT