Sukabumi Update

Terbaru di Pendopo Bupati Sukabumi, 3 Kemunculan Ular Besar di Sekitar Pasar

Ular sanca besar di Pendopo Bupati dan pasar Yulius Usman Kota Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Ular piton besar dengan panjang kurang lebih 3.5 ,meter muncul di Pendopo Bupati Sukabumi, pada Kamis 9 Februari 2023 lalu. Ini adalah memunculkan kedua ular piton di kawasan sekitar pasar Yulius Usman Kota Sukabumi, satu lainnya adalah ular kobra dengan ukuran lumayan besar.

Hal ini diungkap Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Sukabumi, Sudrajat saat menjelaskan kemunculan ular piton besar di Pendopo, kantor dan rumah dinas Bupati Sukabumi yang berada di Kecamatan Warudoyong.

“Infonya ular itu muncul dari gorong-gorong di belakang, melata di lapangan tenis pendopo bupati,” jelas Sudrajat kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (11/2/2023).

Baca Juga: Mulai Sepi, Berapa Pendapatan Penjual Lato-lato di Sukabumi Sekarang?

Ular dengan berat kurang lebih 15 kg tersebut ditangkap oleh petugas keamanan Pendopo Sukabumi. Kemudian diserahkan ke regu satwa Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Sukabumi.

“Diresque sama satpam pendopo. Kemudian diserahkan ke kita. Sekarang masih di kandang pemulihan sebelum diserahkan ke BKSDA Jabar yang di Nyalindung,” lanjut Sudrajat.

Ia menyebut gorong-gorong yang melintasi pendopo bupati kemudian menyambung ke kawasan pasar yulius usman diduga menjadi sarang ular. Pada 24 Oktober 2021 salah satu pedagang pisang di Pasar Yulius Usman, Kelurahan Nyomplong, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, dikagetkan dengan kemunculan ular piton (sanca) di lapak jualannya.

Baca Juga: Sepapan Goceng, Harga Terkini Pete dan Jengkol di Kota Sukabumi

Ular besar itu bersembunyi dibawah kolongan meja tempat menyimpan pisang-pisang yang mau dijual oleh pedagang tersebut.

"Ular sanca empat meter di lapak pedagang pisang," kata Sudrajat. "Saat pemilik lapak sedang beres-beres, dalam tumpukan pisang terlihat seekor ular sanca. Pemilik pun terkejut dan langsung melaporkan kejadian itu," lanjutnya.

Ular itu juga juga diresque oleh tim satwa dan saat ini sudah dilepas liar ke lokasi yang jauh dari pemukiman penduduk.

Baca Juga: 8 Daftar Spot Wisata di Sukabumi dengan Nama Unik, Nomor Terakhir Favorit Anak Muda

“Sebelumnya di belakang kantor kami juga ditemukan ular kobra. Juga diduga muncul dari gorong-gorong,” bebar Sudrajat yang menyebut jarak antara temuan ular-ular itu paling jauh 100 meter, masih di kawasan pasar yulius usman Kota Sukabumi dan sekitarnya.

Bisa jadi karena pasar, banyak tikus atau binatang lain yang menjadi pakan dari ular-ular tersebut. “Kalau gorong-gorongnya saya kurang tau persin detilnya, tapi lokasi temuan ular-ular di pasar dan sekitarnya, kemungkinan muncul dari sekolan dan gorong-gorong,” jelas Sudrajat.

Ia juga memastikan ular-ulang serahan atau hasil resque dari warga yang sementara diamankan di kantor Damkar tidak mungkin lepas. Karena disimpan di kandang khusus, bahkan dipisahkan dengan dimasukan ke dalam karung.

Baca Juga: Wajah Baru Pantai Minajaya Sukabumi Manjakan Pengunjung

“Sekarang ini kurang lebih ada 10 ekor yang disimpan di kantor Damkar, menunggu release dari tim BKSDA Jabar,” tutupnya.

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT