Sukabumi Update

Menguak Misteri Nini Kasinem dan Tuan Kukuk Penunggu Situ Kubang Cikujang

Situ Kubang Cikujang | Foto : Fhycri Cikujang Facebook

SUKABUMIUPDATE.com - Situ Kubang yang berada di Desa Cikujang Kecamatan Gunungguruh, Kab. Sukabumi belum lama ini dihebohkan dengan adanya pemancing bernama Japrot yang berhasil mendapatkan ikan mas hasil pancingan seberat 15 kilogram pada  7 Maret 2022. 

Desas-desus mengenai asal mula keberadaan Situ Kubang Cikujang pun mulai terdengar, cerita terbaru di katakan pemilik Cikujang Facebook, Phycri kepada sukabumiupdate.com, Selasa (14/02/2023).

Phycri menuturkan, keberadaan Situ Kubang menurut orangtuanya sejak jaman Belanda sudah ada.

"awalnya berupa sawah kecil yang dibentuk semacam kolam untuk menampung air, dimana airnya dipergunakan untuk mengairi sawah, kemudian entah karena apa, semakin kesini airnya semakin melebar dan kolamnya semakin membesar," ungkap Phycri.

Baca Juga: 13 Fakta Goa Kutamaneuh Sukabumi, Peristirahatan Prabu Siliwangi Sampai Johny Indo

Ia pun menambahkan jika Situ Kubang yang sekarang ini luasnya hampir 2 hektar tersebut merupakan situ yang diyakini warga sekitar memiliki banyak cerita mistik.

"dulu katanya ada yang dapat ikan lubang (sidat) sebesar pohon kelapa, kemudian orang-orang yang mengkonsumsi lubang tersebut pada meninggal dunia," tuturnya

Adalagi cerita, sambung Phycri, bahwa Situ Kubang Cikujang itu jaga oleh dua penunggu dari mahluk ghaib

"penunggunya Nini Kasinem dan Tuan Kukuk, kata orang tua dulu kadang suka menampakan diri," kata Phycri seraya menyebut perkataan itu dari cerita ibunya.

Hal yang sama diceritakan oleh warga Kampung Kutamaneuh, Agus Supritna, bahwa Situ Kubang Cikujang memiliki cerita mistik yang diyakini warga.

Baca Juga: 11 Fakta Apun Gencay, Gadis Cantik Sukabumi dalam Kisah Asmara Pejabat Dimasanya

"pokoknya kalau mancing di situ cikujang harus waspada, tetap eling, bila melihat ikan besar harus diteliti dulu, itu yang diyakini warga disini" jelas Tagor sapaan karibnya.

Menurut Tagor, siapapun yang berkunjung ke Situ Kubang, baik mancing atau sekedar main. "intinya jangan sompral," tandas Tagor

Tagor membenarkan jika cerita Situ Kubang ditunggui oleh dua mahluk ghaib Nini Kasinem dan Tuan Kukuk tersebut

"nini kasinem itu penunggu situ yang besar, sedang tuan kukuk penunggu situ satunya lagi, agak kecil berbentuk kolam, kolam yang ditunggui tuan kukuk sudah tidak ada, dijadikan sawah," imbuhnya.

Saat ini, baik Phycri maupun Agus berharap Situ Kubang yang berada di tengah sawah dan nampak eksotis dengan segala keunikan dan misterinya bisa menjadi destinasi wisata yang menjadi kebanggaan warga Cikujang.

Baca Juga: Goa Putih di Cicantayan, Destinasi Wisata Alam Sakral yang Belum Tersentuh Perhatian

"walaupun sekarang sudah jadi wisata pemancingan, diharapkan bisa dikelola lebih baik lagi, sehingga bisa menjadi wisata alam yang memberikan dampak positif bagi perekonomian warga," pungkasnya.

Sebagai informasi, untuk mencapai lokasi Situ Kubang sangat mudah aksesnya karena keberadaannya tidak jauh dari Jalan Padjajaran, Kecamatan Gunungguruh. Dari Jalur lingkar terdapat dua jalan, bisa masuk dari pertigaan jalan Rambay yang tembus ke Cibentang. Atau masuk dari Jalan Cikareo, Kutamaneuh.  

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT