Sukabumi Update

Alat Peringatan Tsunami di Dermaga Palabuhanratu Sukabumi Dipastikan Berfungsi

Anggota Satpolairud Polres Sukabumi mengikuti Kegiatan Tes Aktivasi Pengecekan Fungsi Sirine Tsunami di Satwas SDKP Sukabumi Dermaga 2 PPN Kecamatan Palabuhanratu, Sabtu (19/2/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Satuan Polisi Perairan dan Udara (Satpolairud) Polres Sukabumi memastikan alat sistem peringatan dini Tsunami atau TEWS (Tsunami Early Warning System) di Satwas SDKP Sukabumi Dermaga 2 PPN Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, berfungsi baik.

Hal itu disampaikan Kasatpolairud Polres Sukabumi AKP Tenda Sukendar usai anggotanya mengikuti Kegiatan Tes Aktivasi Pengecekan Fungsi Sirine Tsunami bersama BMKG, BPBD dan PSDKP, Sabtu 18 Februari 2023.

Saat pengecekan, kata Tenda, alat peringatan dini tsunami sempat dibunyikan oleh petugas dan suara sirine terdengar secara jelas.

"Ya (alatnya) baik, bunyi nyaring," ujar Tenda kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Remaja di Warungkiara Sukabumi Dikeroyok Oknum BPD, Keluarga Minta Keadilan

Tenda menuturkan, pengecekan percobaan suara pendeteksi Tsunami ini dengan radius 2 Km sampai 3 Km.

"Selama kegiatan berlangsung situasi aman kondusif. Personil juga sudah menghimbau kepada masyarakat sekitar Dermaga Palabuhanratu agar tidak panik setelah mendengar suara Sirine pendeteksi Tsunami," tuturnya.

Sebelumnya, Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu menuturkan, alat peringatan dini Tsunami atau TEWS yang terpasang di wilayah Palabuhanratu berada di tiga lokasi, yakni di Kantor Balawista Kabupaten Sukabumi Pantai Citepus, kantor GIC (Geopark Information Center), dan teranyar di Satwas SDKP Sukabumi Dermaga 2 PPN, Palabuhanratu.

Ayu menambahkan, bila alat TEWS di Dermaga 2 PPN Palabuhanratu ini sudah teruji bahwa kondisinya baik, maka akan kembali diaktivasikan dalam tes aktivasi sirine tsunami secara serentak se-Indonesia yang rutin dilaksanakan BMKG pada jam 10.00 WIB pagi setiap tanggal 26.

Reporter: Ilyas Supendi (CRP)

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT