Sukabumi Update

Banyak Rumput Liar, Curhat Warga Soal Taman Santa Sukabumi yang Tak Terurus

Kondisi Taman Santa di Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Sabtu, 18 Februari 2023. | Foto: SU/CRP/Asep Awaludin

SUKABUMIUPDATE.com - Kondisi Taman Santa di Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, tampak tidak terurus. Taman dengan sejumlah fasilitas olahraga yang letaknya tak jauh dari objek hiburan Santa Sea Waterpark ini dipenuhi rumput liar.

Taman Santa dengan luas kurang lebih 1,3 hektare memiliki sekitar lima gazebo, satu wahana wall climbing (panjat dinding), dan lapang skateboard. Seharusnya, taman ini dimanfaatkan sebagai tempat berolahraga, berkumpul keluarga, hingga ruang kreativitas anak muda.

Sejak diresmikan beberapa tahun lalu, Taman Santa sempat berfungsi sebagaimana mestinya. Namun saat ini taman itu terlihat tidak terawat. Atap gazebo di Taman Santa mulai jebol, lahan dipenuhi rumput liar, termasuk besi-besi wall climbing dan lapang skateboard mulai berkarat.

Wall climbing di Taman Santa. | Foto: SU/CRP/Asep AwaludinWall climbing di Taman Santa. | Foto: SU/CRP/Asep Awaludin

Baca Juga: Sering Kemalingan, Warga Taman Santa Sukabumi Amankan Pria Mencurigakan

Warga setempat, Dani (75 tahun), mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi Taman Santa yang tepat berada di depan rumahnya. "Saya prihatin melihat taman yang tidak terurus. Kalau kondisinya begini, takut dipakai hal yang tidak benar," kata dia, Sabtu, 18 Februari 2023.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, warga lain mengkhawatirkan hal serupa lantaran di sekitar Taman Santa cukup minim penerangan dan lokasi taman jauh dari rumah penduduk.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi Sony Hermanto mengatakan Taman Santa dibangun Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan hingga saat ini belum diserahkan kepada DPUTR. Tetapi, Sony menyebut pihaknya tetap menangani taman tersebut.

"Sampai hari ini belum ada serah terima kepada kami. Berkaitan dengan sekarang ada masukan seperti ini, maka kami juga akan mendorong untuk menanyakan. Pada akhirnya kami suka masuk ke sana (membersihkan taman) karena (lokasinya juga) di pinggir jalan," kata Sony.

Reporter: Asep Awaludin (CRP)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT