Sukabumi Update

Gegara Longsor, Jembatan Akses Antar Kampung di Cicurug Sukabumi Terancam

Jembatan di Kampung Cicewol RT 02/04 Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, terancam akibat longsor pada Selasa sekira pukul 20.00 WIB, 21 Februari 2023. | Foto: P2BK Cicurug

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras mengakibatkan longsor di Kampung Cicewol RT 02/04 Desa Mekarsari, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa sekira pukul 20.00 WIB, 21 Februari 2023. Tanah ini merupakan bantaran Sungai Cicatih sehingga longsor juga mengancam jembatan di kampung tersebut.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Cicurug M Abdul Rizki mengatakan jembatan di sekitar tembok penahan tanah bantaran sungai yang longsor merupakan penghubung Kampung Cicewol RT 02/04 dengan Kampung Legos RT 01/04. Akibat kejadian ini pula dua pohon tumbang tergerus longsoran.

"Bantaran sungai tembok penahan tanah yang longsor itu berdimensi panjang 10 meter, tinggi 7 meter, dan lebar 7 meter, tergerus akibat longsor. Cukup besar dimensinya sehingga membuat aktivitas warga terganggu," kata Rizki kepada sukabumiupdate.com, Rabu (22/2/2023).

Baca Juga: Longsor Timbun Puluhan Petak Sawah di Nagrak Sukabumi, Petani Gagal Panen

Rizki menyatakan atas kejadian tersebut, tak ada korban jiwa maupun warga yang mengungsi. Adapun untuk sementara, akses jembatan belum bisa dilalui kendaraan roda dua karena fondasi jembatan gantung yang merupakan penghubung dua kampung sudah terkikis akibat tergerus longsor pada Selasa kemarin.

"Kalau untuk pejalan kaki masih bisa, tetapi harus tetap waspada. Selain itu tumbangnya kedua pohon mengakibatkan aliran Sungai Cicatih terhambat serta jembatan gantung penghubung dua kampung yaitu antara Kampung Cicewol RT 02/04 dan Kampung Legos RT 01/04 terancam ambruk," katanya.

P2BK Cicurug berkoordinasi bersama Forkopimcam untuk mengevakuasi longsoran di lokasi kejadian dan memberi imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT