Sukabumi Update

Huni Rumah Reyot, Janda di Tegalbuleud Sukabumi Tunggu Bantuan Pemerintah

Koriah (tengah) bersama aparat di rumahnya di Kampung Benteng RT 04/02 Desa/Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Koriah (53 tahun) masih menunggu bantuan pemerintah untuk memperbaiki rumahnya. Setelah ditinggal sang suami, Koriah menempati sendirian rumah panggung yang sudah lapuk di Kampung Benteng RT 04/02 Desa/Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan pantauan sukabumiupdate.com pada Selasa, 21 Februari 2023, rumah ukuran 3x4 meter tersebut mengalami kerusakan pada seluruh dinding yang terbuat dari kayu dan bilik bambu. Material atap rumah yang terbuat dari kayu dan bambu juga sudah lapuk, termasuk genting banyak bocor.

Kemudian plafon rumah yang terbuat dari bambu pun sudah berlubang. Kondisi ini diperparah oleh ruangan tengah yang alasnya terbuat dari bambu dan sudah anjlok. Bahkan Koriah sering mengungsi ke rumah saudaranya saat terjadi hujan disertai angin karena khawatir jika tetap diam di rumahnya.

Baca Juga: Makin Rusak, Rumah Reyot yang Dihuni Janda di Tegalbuleud Sukabumi

Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Tegalbuleud, Yudiansayah, mengatakan pihaknya bersama pemerintah desa dan muspika setempat termasuk tokoh pemuda, selama ini telah berupaya mengusulkan perbaikan rumah Koriah lewat program rehabilitasi rumah tidak layak huni atau Rutilahu.

"Dari pemdes sudah masuk program Rutilahu tahun 2023. Begitu pun dari Kemensos melalui Ditjen Perlindungan dan Jaminan Sosial, sudah diajukan proposal permohonan rehab, program Rumah Sejahtra Terpadu (RST), bahkan dicek langsung pada Desember 2022," kaya Yudiansyah, Jumat (24/2/2023).

Baca Juga: Cerita Janda di Tegalbuleud Sukabumi Huni Rumah Reyot Sendirian

"Proposal sudah sampai, ada bukti penerimaannya dari Kemensos yang diserahkan ke pihak desa. Begitu pun rekomendasi dari Dinsos Kabupaten Sukabumi, semua permintaan berkas sudah dikirim, tinggal sepenuhnya dari Kemensos," imbuh dia.

Sudah lama suami Koriah meninggal dunia. Koriah dan suaminya memiliki anak perempuan yang sudah berkeluarga dan kini tinggal terpisah dengan anaknya alias cucu Koriah. Namun, anak Koriah saat ini menjadi TKW di luar negeri. Koriah sudah tidak kuat bekerja untuk memenuhi kebutuhan.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT