Sukabumi Update

Bangunan SD di Simpenan Ambruk, Dampak Gempa M4.0 Guncang Sukabumi

Bangunan SDN Gunung Biru di Kampung Cimapag, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, ambruk setelah gempa bumi magnitudo 4.0 pada Selasa malam, 28 Februari 2023. | Foto: P2BK Simpenan

SUKABUMIUPDATE.com - Bangunan SDN Gunung Biru di Kampung Cimapag, Desa Loji, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, ambruk. Ini terjadi setelah gempa bumi magnitudo 4.0 mengguncang Sukabumi pada Selasa malam, 28 Februari 2023.

"Bangunan ini dulunya dihuni kelas III. Sebelumnya sudah tidak layak pakai atau lapuk dengan luas bangunan 6x12 meter persegi yang ambruk," kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Simpenan Dandi Sulaeman, Rabu (1/3/2023).

Dandi memastikan tak ada korban luka atau jiwa dalam peristiwa ini. Kebutuhan mendesak yaitu material bangunan, sedangkan kerugian masih dihitung. Sementara waktu pembelajaran dibagi dua, pagi dan siang bagi kelas yang ruangannya ambruk.

Baca Juga: Picu Gempa Guncang Sukabumi, Sesar Cimandiri Aktif dan Tertua di Jawa Barat

"Pihak sekolah belum berani membersihkan puing-puing bangunan karena dikhawatirkan terjadi ambruk dari sisa-sisa bangunan yang menggantung di atap," ujarnya.

Pada Selasa malam sekira pukul 20.11 WIB, terjadi gempa bumi berkekuatan 4.0 magnitudo. Gempa yang berpusat di darat itu akibat aktivitas Sesar Cimandiri.

BMKG melakukan pemutakhiran episenter gempa yaitu terletak pada koordinat 7.03 lintang selatan dan 106.64 bujur timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km tenggara Kabupaten Sukabumi. Episenter ini menujukkan titik gempa berada di wilayah Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT