Sukabumi Update

Roasting di Kebonpedes, Sekretaris Distan Sukabumi Monitoring Penanganan Stunting

Melalui program Roasting, Sekretaris Distan Kabupaten Sukabumi Denis Eriska monitoring penanganan stunting di Kecamatan Kebonpedes, Rabu (1/3/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Melalui program Roasting, Sekretaris Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi Denis Eriska yang didampingi oleh Kabid Sarana melaksanakan monitoring terhadap penanganan stunting di Kecamatan Kebonpedes, Rabu (1/3/2023).

Selaku team leader atau koordinator Program Roasting, Denis Eriska menuturkan dalam kunjungan Lapangan di Kecamatan Kebonpedes ini ada 18 sasaran pemetaan stunting, dalam kesempatan itu dilakukan pendalaman interaktif kepada anak stunting dan ibu hamil.

"Melalui program Roasting, kita ingin melihat kondisi stunting di Kabupaten Sukabumi, khusus di Kecamatan Kebonpedes kita pantau mulai dari kondisi anak yang stunting hingga langkah-langkah untuk menurunkan angka Stunting di Kecamatan Kebonpedes,” kata Denis.

Selain itu, lanjut Denis, Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten bersama unsur Kecamatan juga memberikan makanan tambahan bergizi untuk pencegahan kasus stunting.

“Kami berharap dengan adanya Field Visit ini langkah-langkah yang dilakukan untuk menurunkan angka stunting di Kecamatan Kebonpedes ini bisa terwujud,” tegas Denis.

Baca Juga: Melawan Saat Ditangkap, 2 Pelaku Curanmor di Sukabumi Dihadiahi Timah Panas

Diketahui, program Roasting adalah inovasi dari Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Sukabumi dalam penanganan stunting kolaboratif dan merupakan singkatan dari Rabu Observasi dan Aksi Sinergi Penanganan Stunting.

Melalui Roasting ini akan diagendakan secara rutin monitoring penanganan stunting di seluruh Kecamatan yang menjadi lokasi stunting baik secara virtual pada setiap hari Rabu minggu ke-2 dan minggu ke-4, maupun kunjungan lapangan (field visit) pada Rabu minggu ke-1 dan minggu ke-3 pada setiap bulannya.

Roasting adalah salah satu gerakan pentahelix yang melibatkan seluruh stakeholder agar penanganan stunting dapat diakselerasi diantaranya melalui inovasi masing- masing Kecamatan, gerakan orang tua asuh dan lelang kebaikan dari setiap Perangkat Daerah, BUMD, swasta dan seluruh masyarakat yang peduli akan kasus stunting di Kabupaten Sukabumi.

Roasting hari ini secara serentak dilaksanakan di 3 Kecamatan yang dikoordinasikan oleh Perangkat Daerah yang telah ditunjuk sebagai Tim Leadernya dan diikuti oleh 14 PD pada tiap lokasi.

Untuk Kecamatan Kebonpedes Team Leadernya adalah Dinas Pertanian, Kecamatan Cibadak oleh BPKAD dan Kecamatan Cisolok oleh DPMPT.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT