Sukabumi Update

Pohon Tumbang dan Longsor, Ancam Mushola di Bojongkokosan Sukabumi

longsor ancam mushola

SUKABUMIUPDATE.com - Akibat dilanda hujan deras longsor terjadi di Kampung Babakan Peundeuy, RT 02/02, Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, pada hari Selasa 28 Febuari 2023, sekira pukul 16.00 WIB

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parungkuda, M. Ramdan mengatakan, longsor yang terjadi di Kecamatan Parungkuda, lantaran intensitas hujan deras yang terus menerus, selama beberapa hari terkahir.

"Akibatnya sebuah pohon roboh dan menutup aliran kali, kemudian satu mushola yang merupakan fasilitas umum dan jalan lingkungan tersebut terancam," ujar Ramdan kepada sukabumiupdate.com, Rabu (01/03/2023).

Ramdan menjelaskan, dimensi longsor tersebut setinggi 8 meter dan memiliki lebar 5 meter. Sementara itu, sambung dia, tidak ada korban jiwa dan korban mengungsi pasca kejadian.

"Untuk jalan sementara ditutup, karena masih ada retakan dan pohon yang menutup kali harus segera di eksekusi. Selain itu dikhawatirkan akan menyumbat aliran kali," ungkapnya.

P2BK Parungkuda melakukan penanganan tanggap darurat bersama perangkat Forkopimcam. "Dengan berkoordinasi guna melakukan pendataan, mengevakuasi serta memberikan himbauan ke masyarakat untuk tetap waspada," tandasnya.

Di waktu terpisah, Kepala Desa Bojongkokosan, Dini Rahmawati menyampaikan bahwa evakuasi pohon tumbang tumbang sudah dilakukan pada siang di hari tadi.

"sudah dievakuasi bersama warga, walaupun belum tuntas semua," tuturnya.

Dini membenarkan jika kejadian longsor dan pohon tumbang persis berada di belakang mushola yang justru sangat khawatir jika longsor melebar akan menggerus bangunan mushola tersebut. 

"hampir 35% tembok penahan tanah di lokasi dekat mushola tersebut sudah tergerus longsor," kata Dini. 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT