Sukabumi Update

Hasil Seleksi Disbudpora, Ini 4 Wakil Kabupaten Sukabumi di GBN 2023 Tingkat Jabar

Disbudpora Kabupaten Sukabumi mengumumkan empat nama pelajar yang terpilih untuk mengikuti audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) tingkat Provinsi Jawa Barat. | Foto: IG @kebudayaansukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Disbudpora Kabupaten Sukabumi telah mengumumkan empat nama pelajar yang terpilih untuk mengikuti audisi Gita Bahana Nusantara (GBN) 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat.

Keempat nama tersebut tiga diantaranya dari SMAN 1 Parungkuda yakni Parel Ardiansyah (suara tenor), Tia Tsamrotul Husna (suara alto) serta Maulida (suara sopran) dan seorang lagi dari STKIP Bina Mutiara yakni M. Firman Asmianto (suara bass).

Keempat nama pelajar tersebut lolos ke tingkat Jabar usai sebelumnya mengikuti Seleksi yang diselenggarakan Disbudpora Kabupaten Sukabumi pada tanggal 2 dan 3 Maret 2023 di GOR Palabuhanratu dan Museum Palagan Bojongkokosan.

Keempat nama pelajar tersebut menyisihkan 11 peserta lainnya yang sebelumnya diusulkan oleh sekolah maupun Kecamatan.

“Latar belakang diselenggarakan Seleksi yaitu untuk mendapatkan peserta terbaik untuk diikutsertakan pada Audisi di Tingkat Jawa Barat. Harapannya peserta dari Kabupaten Sukabumi nantinya bisa lolos di Audisi,” ujar Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpora Kabupaten Sukabumi Yanti Irianti kepada sukabumiupdate.com, Senin (6/3/2023).

Baca Juga: Disbudpora Tata Makam Mbak Durak, DPRD Sukabumi: Agar Tahu Sejarah Daerah

Adapun Teknis dari pelaksanaan seleksi GBN 2023 di Kabupaten Sukabumi ini yaitu satu persatu peserta diminta menyanyikan salah satu judul lagu dari sepuluh pilihan Lagu Nasional yang telah ditentukan.

“Peserta juga diminta membaca dan menyanyikan notasi musik secara langsung (prima vista) yang telah disiapkan oleh panitia, selain itu Peserta menyanyikan tangga nada naik dan turun untuk mengetahui wilayah suara masing-masing saat pelaksanaan seleksi,” ujar Yanti.

Yanti menuturkan, keempat nama perwakilan Kabupaten Sukabumi yang lolos seleksi diagendakan mengikuti audisi GBN tingkat Jabar di Kota Bandung pada 16-17 Mei 2023 mendatang.

Sementara itu, Staf Bidang Kebudayaan Eldi Haerul Akbar menambahkan, sebelum audisi di tingkat Jabar, keempat pelajar tersebut akan digembleng untuk dilatih terlebih dahulu oleh Disbudpora.

“Hal ini dilakukan supaya bisa memehuni target kita, agar menjadi wakil Jabar ke Nasional (Istana Merdeka). Nanti kita latih mengenai teknik Intonasi, Ritmik, Ekspresi, Penampilan, dan kemampuan membaca notasi supaya pas seleksi tingkat Jabar matang,” ujarnya.

Baca Juga: Bule Belanda Betah di Sukabumi, Hidup Sederhana Hingga Suka Lotek

Untuk diketahui kegiatan Gita Bahana Nusantara adalah salah satu upaya peningkatan pembangunan karakter bangsa melalui pengembangan seni musik, serta pembinaan generasi muda dalam pementasan seni budaya tingkat Nasional.

GBN merupakan sebuah kegiatan pembentukan tim paduan suara dan orkestra yang terdiri dari generasi muda berbakat perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan sejak tahun 2015, konsisten melaksanakan pergelaran orkestra dan paduan suara GBN dalam rangka Pendukungan Peringatan HUT RI di Istana Merdeka-Jakarta.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT