Sukabumi Update

Lampu Kandang Jangkrik Korsleting, Rumah Warga Ciambar Sukabumi Kebakaran

Kebakaran rumah dan kandang Jangkrik di Kampung Awilega RT 04/08 Desa Ginanjar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi, Selasa (7/3/2023). | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran melanda satu unit rumah dan kandang Jangkrik milik Odang (63 tahun) di Kampung Awilega RT 04/08 Desa Ginanjar Kecamatan Ciambar Kabupaten Sukabumi, Selasa (7/3/2023) sekitar pukul 16.00 WIB.

Lampu pemanas tempat ternak jangkrik yang alami korsleting listrik diduga sebagai pemicu timbulnya api yang kemudian merambat ke bangunan rumah di sampingnya.

“Diduga api dari korsleting listrik lampu pemanas jangkrik, sehingga api merambat ke rumah bapak Odang yang dihuni 1 KK 3 jiwa,” ujar Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Ciambar, Dedi Supianto dalam keterangannya.

Dedi memastikan tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian tersebut, namun penghuni terpaksa mengungsi karena rumah ukuran 14x5 meter yang mereka tempati rusak berat atau hangus terbakar sehingga sudah tak bisa ditempati. Adapun kandang jangkrik berukuran 12x6 meter ludes terbakar jadi arang.

Baca Juga: Panen Cabai di Sukaraja Sukabumi, Wabup Iyos Harap Bisa Tekan Angka Inflasi

"Pada saat kejadian tidak ada korban jiwa, karena ketika itu pak Odang tengah ke masjid untuk salat Asar. Kemudian istrinya sedang berada di kebun, dan satu orang anaknya tengah bekerja. Pasca kejadian seluruh penghuni rumah mengungsi di rumah anaknya yang sudah menikah,” kata Dedi.

Dedi menuturkan, api berhasil dipadamkan sekitar setengah jam setelah kejadian. Adapun total kerugian yang diderita Odang selaku pemilik rumah dan kandang jangkrik ditaksir mencapai Rp 50 juta.

"Saat ini kebutuhan mendesak material bangunan, alat tidur dan alat dapur atau masak," tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT