Sukabumi Update

Pasokan Beras Medium di Pasar Pelita Sukabumi di Stop, Ini Jawaban Diskumindag

Melalui program KPSH (ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga) Bulog memasok beras medium kepada setiap toko | Foto : Awal

SUKABUMIUPDATE.com - Peredaran beras medium di pasar tradisional Kota Sukabumi menghilang. Salah seorang pedagang di Pasar Pelita Sukabumi, Rudi (42 tahun) menyebutkan beras medium yang biasa di pasok dari Bulog tersebut sudah seminggu belum ada konfirmasi lagi. 

"sekarang harga beras lagi tinggi, tinggal nunggu turun mungkin satu mingguan lagi harga baru bisa turun, kan lagi musim panen. Kalau kemarin dibantu sama beras medium cuman sekarang belum ada komfirmasi lagi dari bulognya sudah seminggu, katanya mau dialihkan dulu ke tiap kecamatan" ujar Rudi kepada sukabumiupdate.com, Rabu (8/3/2023).

Dari pantauan sukabumiupdate.com, harga terkini beras premium dan IR Cianjur di Pasar Pelita mencapai angka Rp 300 ribu per karung untuk ukuran berat 25 kilogram dengan kisaran harga eceran Rp 12 ribu per kilogram. Dan harga beras termurah jenis IR Sukabumi mencapai angka Rp 270 ribu per karung ukuran 25 kilogram.

Terpisah, Kepala Seksi Perdagangan Dalam Negeri Diskumindag Kota Sukabumi, M Rifki mengatakan bulog ini berperan untuk menjaga stabilitas harga beras, untuk hari ini memang bulog belum bisa memenuhi pesanan karena sedang menunggu pasokan beras dari Jakarta.

"jadi sebetulnya bukan di stop, tapi bulog ini lagi nunggu pasokan beras dari Jakarta, sementara ketersediaan beras di gudang sudah habis." ujar Rifki.

Sebagaimana diketahui, melalui program KPSH (ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga) pada bulan februari lalu Bulog mulai memasok beras medium kepada setiap toko yang ada di pasar dengan HET (harga eceran tertinggi) mencapai Rp 9.450 per kilogram untuk menjaga stabilitas harga beras di pasaran. 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT