Sukabumi Update

Pedagang Pasar Cibadak Sukabumi Ungkap Cerita Soal Bule Belanja Malah Bikin Trauma

Dua pria berbahasa Inggir belanja makanan di Pasar Cibadak Sukabumi, malah bikin takut pemilik toko (Sumber: rekaman cctv)

SUKABUMIUPDATE.com - Kejadian kurang menyenangkan dialami pedagang toko makanan di Pasar Cibadak Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Mereka kedatangan pembeli, dua pria bule diduga WNA (warga negara asing) yang ujung-ujungnya malah bikin trauma karena nyaris merampas uang dalam tas pemilik toko.

Video rekaman cctv kedua bule ini belanja di Pasar Cibadak kemudian viral di media sosial. Cerita soal bule belanja makanan tersebut kemudian dijelaskan oleh anak dari pemilik toko makanan di pasar Cibadak, Rina Arianti (24 tahun).

Menurut Rina, kejadiannya Kami 9 Maret 2023 sekitar pukul 18.52 WIB. Saat kedua orang tuanya sedang bersiap-siap menutup toko, tiba-tiba datang dua orang pria berbadan tinggi besar, celana pendek, pakai kaos dan topi.

Baca Juga: Remaja Warungkiara Sukabumi Dikeroyok Gegara Cipratan Air, 2 Oknum BPD Ditangkap

"Karena mereka berbahasa inggris, ibu sama bapak bilang mereka bule," ucap Rina kepada sukabumiupdate.com, Jumat (10/3/2023).

Awalnya, lanjut Rina kedua orang itu belanja kue dan snack, belanjaannya kurang lebih Rp 21 Ribu. "Mereka ngasih uang pecahan Rp 100 ribu. Saat mau dikasih kembalian sama bapak Rp 79 ribu mereka menolak. Pakai bahasa inggris mereka menunjukkan uang pecahan Rp 50 ribu."

Kedua orang tua Rina mengira bule itu ingin uang kembaliannya ada uang pecahan Rp 50 ribu baru. Pemilik toko menegaskan mereka tidak punya uang pecahan yang diinginkan oleh kedua bule tersebut.

Baca Juga: 45 Tahun Tol Jagorawi: Diresmikan Soeharto, Kini Dihubungkan Bocimi Menuju Sukabumi

Ayah Rina awalnya memperlihatkan uang dalam tasnya untuk memastikan kepada bule itu dia tidak punya uang pecahan Rp 50 ribu yang mereka inginkan. Tiba-tiba salah satu dari kedua bule itu malah menggeledah tas pinggang pemilik toko dan sempat mengambil uang gepokan senilai kurang lebih Rp 10 juta.

"Untung direbut lagi sama ayah dari tangan bule itu. Langsung diberikan ke ibu di dalam toko untuk diamankan," neber Rianti.

Melihat situasi kurang aman, pemilik toko kemudian meminta kedua bule itu untuk pergi, dan mengembalikan uang Rp 100 ribu milik mereka. "Nggak jadi belanja, udah aja dikembalikan uang 100 ribu dari mereka. Ayah meminta mereka belanja ditempat lain saja," tegas Rianti.

Baca Juga: Misteri Situs Gunung Padang Cianjur, Wisata Prasejarah di Jawa Barat

Atas kejadian ini, orang tua Rianti memilih libur dulu buka toko karena trauma. "Kami rencananya akan melapor kepada perwapas Cibadak, biar ditangani. Sekarang toko tidak berjualan karena ibu masih syok, takut dengan kejadian itu," ungkapnya.

Reporter: Restu Ari Prabowo (Kontributor)

Editor : Fitriansyah

Tags :
BERITA TERKAIT