Sukabumi Update

Jembatan Bambu Jadi Penghubung 2 Kelurahan di Lembursitu Kota Sukabumi

Warga membangun jembatan bambu setelah jembatan yang sebelumnya putus akibat luapan sungai, Kamis, 9 Maret 2023. Jembatan tersebut menghubungkan 2 kelurahan di Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi. (Sumber : Asep Awaludin)

SUKABUMIUPDATE.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kota Sukabumi pada Kamis, 9 Maret 2023 sore menyebabkan sungai Cikujang Cipelang Alit meluap hingga memutus sebuah jembatan penghubung 2 kelurahan di Kecamatan Lembursitu.

Jembatan yang putus terseret arus sungai itu berada di Kampung Sukawarna RT 03/01, Kelurahan Sindangsari yang menjadi penghubung ke Kelurahan Cikondang

Saat ini warga sedang membangun jembatan darurat agar warga tetap bisa beraktivitas.

Baca Juga: Viral Video Diduga Gisel dan Wijin Sedang Bermesraan, Netizen: Gak Kapok Ya

"Saat ini kami berinisiatif untuk membangun jembatan sementara karena ini adalah jembatan penghubung yang sering dipakai warga Khususnya anak sekolah yang mau berangkat sekolah dan warga yang mau berangkat kerja," kata ketua RT 03, Ruswandi.

Ketua RW 01, Asep Saepuloh (46 tahun) menuturkan selain jembatan penghubung keluarahan itu, ada satu lagi jembatan yang putus yaitu jembatan yang digunakan warga menuju ke MCK umum.

Menurut dia, hujan deras yang mengguyur pada Kamis sore menyebabkan sungai meluap hingga ketinggian 3-4 meter dan membuat longsor rumpun bambu di tebing pinggiran dinding peternakan ayam PT Silga Perkasa.

Baca Juga: Warganet Usulkan Kencleng, Nasib Pembangunan Jembatan Pamuruyan Jadi Bahan Candaan

Material longsor tersebut ikut terbawa arus sungai hingga memutuskan 2 jembatan tersebut.

"Berawal dari curah hujan yang cukup tinggi yang menyebabkan air meluap dan menggerus rumpun bambu yang berada di tebing pinggiran PT Silga Perkasa yang akhirnya menghantam 2 jembatan. Pertama jembatan penghubung warga ke MCK dan kedua Jembatan Penghubung antara kampung,” ujar Asep. 

Warga berharap pihak pemerintah ataupun Pihak PT Silga Perkasa untuk segera merenovasi jembatan. 

Sementara itu, unit Reaksi Cepat BPBD Kota Sukabumi TB Suherman menyatakan untuk penanganan bencana oleh dampak hujan deras, BPBD melakukan koordinasi dengan dinas-dinas terkait seperti Dinas PUTR, PSDA, pihak kelurahan dan Kecamatan.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT