Sukabumi Update

Diinisiasi Distan Sukabumi, Sekda Ade Dukung Gerakan Panen Padi Nusantara di Cikembar

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri Gerakan Panen Padi Nusantara Tahun 2023 yang diinisiasi Dinas Pertanian di Cikembar, Sabtu (11/3/2023). | Foto: Dokpim Pemkab Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pertanian atau Distan Kabupaten Sukabumi menggelar Gerakan Panen Padi Nusantara Tahun 2023 di Gapoktan Karya Tani Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, Sabtu (11/3/2023).

Kepala Distan Kabupaten Sukabumi Sri Hastuty Harahap mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan Stok Beras memenuhi pangan di Kabupaten Sukabumi serta berkonstribusi dalam menjaga ketahanan pangan di tingkat nasional, yaitu melalui gerakan Panen Padi Nusantara 1 juta Hektare yang dilakukan secara serentak di indonesia.

"Di Kabupaten Sukabumi sendiri panen raya dilaksanakan di Desa Bojong Kecamatan Cikembar, dengan luas areal sawah mencapai 105 hektare, yang mana 5 hektare siap panen," ujar Tuty--panggilan akrab Sri Hastuty Harahap dalam rilis yang diterima sukabumiupdate.com.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengapresiasi Dinas Pertanian yang telah menginisiasi acara ini dan telah menjalin kerjasama dan sinergi kolaboratif antar kelompok masyarakat dalam pengembangan sektor pangan yang terintegrasi dari hulu ke hilir di Kabupaten Sukabumi, terlebih lagi diperkuat dengan adanya Gerakan Panen Padi Nusantara ini.

“Gerakan panen padi nusantara ini mesti dijadikan sebagai momentum untuk memacu semangat baru para petani padi dan kelompok masyarakat sekitar sehingga dapat menjadikan dirinya sebagai SDM petani produktif yang sukses dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitarnya,” bebernya.

Baca Juga: Sekda: Cibadak dan Nagrak Wakili Sukabumi Menuju Kabupaten Sehat 2023

Sekda Ade kemudian meminta kepada seluruh pihak terkait, baik itu aparat pemerintahan, petugas pertanian hingga petani untuk menjalin komunikasi, koordinasi guna terciptanya sinergitas yang kuat dalam upaya memperkuat ketersediaan pangan dan menekan laju inflasi khususnya di Kabupaten Sukabumi.

“Semoga gerakan panen ini dapat meningkatkan produksi padi, sehingga ketersediaan pangan rumah tangga tercukupi dan menghambat inflasi di Kabupaten Sukabumi,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut dilaksanakan penyerahan (pinjam pakai) alsintan berupa power thresher dari distan kepada gapoktan karya tani, dilanjutkan penandatanganan perjanjian kerja sama pemasaran gabah antara gapoktan karya tani dengan penggilingan padi kopo jaya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT