Sukabumi Update

Seminggu Jelang Ramadhan Pantai Palabuhanratu Sukabumi Diserbu Pengunjung

Pantai Palabuhanratu Sukabumi diserbu wisatawan menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi | Foto : Ilyas Supendi

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Palabuhanratu Sukabumi diserbu wisatawan menjelang bulan suci Ramadhan 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi.

Kasatpolair Polres Sukabumi, AKP Tenda Sukendar mengatakan, peningkatan kunjungan wisatawan terjadi sudah dari dua minggu lalu, setiap weekend hari Sabtu dan Minggu, wisatawan yang berkunjung ke pantai di kawasan Geopark Ciletuh selalu banyak.

Peningkatakan terjadi karena banyak wisatawan yang menghabiskan waktu berlibur jelang bulan Ramadan yang sering mereka sebut sebagai Papajar.

"Eskalasi kunjungan sekarang ini meningkat mulai dari minggu kemarin, karena tadi itu menjelang bulan suci ramadan, kalau bahasa kita kan munggahan, kalau istilah-istilah yang lain itu papajar," ujar Tenda kepada sukabumiupdate.com, Minggu (12/3/2023).

Nampak terlihat, sejumlah tempat di kawasan pantai Palabuhanratu mulai dari RTH Citepus, Palabuhanratu hingga Karangnaya di Kecamatan Cikakak dipadati wisatawan.

"Jadi masyarakat memburu destinasi tempat wisata yang ada di wilayah Palabuhanratu, khususnya ikon yang menggiurkan yaitu pantai," kata Tenda.

Tenda menjelaskan, untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut, pihaknya rutin memberikan imbauan kepada wisatawan agar tidak berenang di zona berbahaya. Pihaknya juga memasang bendera berwarna merah di beberapa titik pantai yang rawan terjadi kecelakaan laut.

"Kita melakukan imbauan kepada wisatawan untuk tidak melaksanakan mandi di tempat yang dilarang oleh petugas, kita udah kasih warning ya dengan bendera merah di tempat-tempat yang rawan sering terjadi laka laut," jelasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT