Sukabumi Update

Cerita Pensiunan PNS dan Keluarganya di Ciemas Sukabumi Huni Rumah Reyot

Rumah reyot milik pensiunan PNS di Kampung Batu Lawang RT 06/03 Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Ragil Gilang).

SUKABUMIUPDATE.com - Ibin Wangsa Dipraja (61 tahun) pensiunan PNS di Kampung Batu Lawang RT 06/03 Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi menghuni rumah reyot bersama keluarganya.

Material rumah yang sebagian besar dari kayu telah lapuk dimakan usia. Hal serupa juga terjadi pada dinding bilik dan atap rumah tersebut. Bahkan bagian atap depan sudah ditutup terpal agar tak bocor.

Ibin tinggal di rumah ini bersama istri dan 2 anak serta 1 orang cucu. Kondisi rumah tersebut membuat penghuninya was-was, apalagi ketika hujan deras mengguyur.

Baca Juga: Geger Wanita Ditemukan Tewas di Benda Sukabumi, Keluarga Ungkap Kejanggalan

"Usia rumah ini sudah hampir 15 tahun dan sudah beberapa kali direhab," kata Ibin yang terakhir menjabat sebagai TU sebuah SMP di Kecamatan Ciemas, kepada sukabumiupdate.com, Senin (13/3/2023).

Ibin mengungkapkan sudah ada niat untuk memperbaiki rumahnya. Sedikit demi sedikit dia mengumpulkan bahan material. “Baru mampu terkumpul kayu," imbuhnya.

Ibin harus mencicil membeli bahan rumah, sebab tak ada pemasukan lagi selain dari uang pensiunan.

Setiap bulan Ibin hanya menerima uang pensiunan Rp 250 ribu dari total Rp 3 jutaan. Sebab saat bertugas dulu Ibin menjaminkan SK PNS miliknya di bank untuk membiayai pengobatan istrinya yang sakit.

Total uang yang dipinjam Rp 250 juta dan cicilannya hingga 2034. 

“Istri [saya] hampir puluhan tahun sakit, yang dirasakannya lambung, kolestrol serta asam urat dan hingga sekarang masih sakit,” ujarnya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT