Sukabumi Update

UPTD PU Wilayah III Bersihkan Longsoran Sampah di Bojonggenteng Sukabumi

Petugas UPTD PU Wilayah III saat membersihkan material longsoran sampah di Desa Cibodas Kecamatan Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi. (Sumber : UPTD PU Wilayah III)

SUKABUMIUPDATE.com - Unit Pelaksana Teknis Daerah Pekerjaan Umum (UPTD PU) Wilayah III Cicurug melakukan penanggulangan dampak bencana longsor yang menyebabkan sampah meluap di Jalan Pakuwon-Kalapanunggal, tepatnya di kampung Pabangbon, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi yang terjadi pada Minggu 12 Maret 2023.

Kepala UPTD PU Wilayah III Cicurug, Uus Iskandar mengatakan, longsoran tersebut berasal dari sampah yang terbawa air hujan dari area pabrik di sekitarnya. Sehingga dapat dipastikan bahwa material longsoran bukanlah material tanah, melainkan material sampah yang terbawa arus air ke jalan.

"Dampak hujan yang terjadi pada Ruas jalan Pakuwon-Kalapanunggal tersebut mengakibatkan longsoran sampah hingga mengganggu lalu lintas jalan, karena banjir," kata Kepala UPTD PU Wilayah III kepada sukabumiupdate.com Selasa (14/3/2023).

Baca Juga: Hujan Deras Sebabkan Longsor di Desa Cibodas Bojonggenteng Sukabumi

Menurut Uus, longsoran tersebut kini sudah ditangani oleh Dinas PU. Pada hari Senin 13 Maret 2023, sebanyak 11 petugas diterjunkan untuk membersihkan material longsoran yang sempat mengganggu ruas jalan.

"Kemarin sudah ditangani. Penanganan dengan menurunkan petugas Dinas PU, untuk membersihkan material longsor yang menganggu ruas jalan agar dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat," tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, hujan deras yang mengguyur wilayah Bojonggenteng Kabupaten Sukabumi, menyebabkan sampah meluap dan longsor di Kampung Pabangbon, Desa Cibodas, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi Minggu 12 Maret 2023.

Menurut salah satu warga kampung Pabangbon, Sulastri (36) hujan yang mengguyur kampungnya sekitar pukul 15.30 WIB. tersebut mengakibatkan banjir dan meluapkan sampah ke jalan.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT