Sukabumi Update

Di Bawah Gunung Gede Pangrango, Kecamatan Sukabumi Tata Wisata untuk Pikat Turis

Peta Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Google Maps

SUKABUMIUPDATE.com - Berada di bawah kaki Gunung Gede Pangrango, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, memiliki segudang potensi menarik terutama pariwisata, pertanian, agrowisata, hingga budaya. Wilayahnya yang sejuk membuat kecamatan ini menjadi tujuan turis lokal maupun mancanegara.

Camat Sukabumi Gin Gin Ginanjar Permana mengungkapkan pihaknya terus mendorong beragam potensi tersebut terutama yang ada di enam desa di Kecamatan Sukabumi melalui penataan. Ini dilakukan supaya pendapatan desa di kecamatan ini meningkat dan berujung pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Terutama potensi wisata misalnya ada Agrowisata Cakrawala Petik Buah Jeruk dan wisata alam terbuka di Saung Cipelang Halimun, Desa Sudajaya Girang dan di Desa Karawang. Ada juga objek wisata gua," kata dia kepada sukabumiupdate.com di kantornya pada Selasa (21/3/2023).

Baca Juga: Kijang Terekam di Gunung Gede Pangrango, Pertanda Macan Tutul Masih Ada?

Terkait wisata gua, Gin Gin mengatakan rencananya akan dijadikan tempat bermain tubing dan tembus ke Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Kecamatan Sukabumi memiliki 207 RT, 63 RW, dan enam desa yakni Desa Warnasari, Sudajaya Girang, Sukajaya, Parungseah, Perbawati, dan Desa Karawang.

"Seluruh desa ini memiliki potensi alam yang melimpah. Tidak hanya memiliki sumber pertanian, agrowisata, dan objek wisata alam," ujarnya.

Camat Sukabumi Gin Gin Ginanjar Permana. | Foto: SU/Asep AwaludinCamat Sukabumi Gin Gin Ginanjar Permana. | Foto: SU/Asep Awaludin

Gin Gin mengatakan industri pariwisata menjadi lokomotif perekonomian masyarakat di wilayahnya sehingga sektor ini sangat berperan aktif dalam percepatan peningkatan perekonomian warga, didukung sumber daya yang mumpuni. Penataan dan pengembangan pun dilakukan untuk menarik wisatawan pascapandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan pascapandemi Covid-19 objek wisata outdoor sudah mulai bisa dibuka dan dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara," kata dia.

Baca Juga: Curug Luhur Ciambar Sukabumi, Keindahan Tersembunyi di Kaki Gunung Gede

Gin Gin mengungkapkan penataan sektor pariwisata yang dilakukannya sesuai misi Pemerintah Kabupaten Sukabumi yakni mewujudkan kemandirian ekonomi berbasis pertanian, pariwisata, dan industri. Untuk itu, pihaknya akan terus mendorong agar warga bisa memanfaatkan potensi wisata yang ada di setiap wilayah.

"Kami optimistis dengan berbagai upaya yang dilakukan saat ini akan dapat menarik minat wisatawan untuk mengisi waktu luangnya dengan berlibur ke tempat wisata yang ada di wilayah Kecamatan Sukabumi," ujarnya.

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT