Sukabumi Update

Kisah Penjaga Makam di Cicurug Sukabumi, Kebanjiran Rezeki Saat Jelang Ramadan

Papang (64 tahun), penjaga Tempat Pemakam Umum (TPU) Astana Gunung, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)

SUKABUMIUPDATE.com - Memasuki bulan suci Ramadan, banyak hikmah yang dirasakan bagi sebagian orang yang mencari penghasilan tambahan. Salah satunya Papang (64 tahun), penjaga Tempat Pemakam Umum atau TPU Astana Gunung, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.

Lansia yang merupakan warga setempat tersebut mengaku mendapat penghasilan lebih, lantaran kerap mendapatkan pekerjaan untuk membersihkan hingga merenovasi makam.

"Banyak yang renovasi makam, biasanya nyuruh melalui saya, disesuaikan ukuran dan permintaannya seperti apa. Tapi saya gak patok harga. Kecuali yang nembok nanti nego, jadi ngukur keramiknya berapa, semen berapa, pasir berapa dan hebel atau bata biasanya," ujar Papang kepada sukabumiupdate.com, Rabu (23/3/2023).

Menurut Papang, ongkos jasanya disesuaikan, seperti harga tukang, biasanya Rp 200 ribu perhari. Namun ada yang mengambil jasa borongan, bilamana renovasi makam terlihat harus diselesaikan selama 3 hari, ukuran harga bisa menjadi Rp 500 ribu sesuai dengan permintaan.

"Jadi yang minta makam keluarganya direnovasi, dengan terima beres. Hitung dulu bahan, baru jasanya. Biasanya sih udah pada ngerti tanpa harus patok harga," ungkapnya.

Baca Juga: Salat Tarawih Hari Pertama, Warga Penuhi Masjid Agung Kota Sukabumi

Papang meyebut, dalam 4 hari terakhir sebelum memasuki bulan suci ramadan, terhitung dalam sehari bisa menerima 5 permintaan renovasi makam.

"Sebetulnya gak harus bulan puasa, tapi permintaan renovasi banyak diminta pada saat bulan puasa. Mungkin karena sebelum bulan puasa atau sesudah puasa, penziarah biasa mengunjungi makam keluarganya, jadi ketika dikunjungi, bakal lebih enak aja dilihatnya," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Papang, dirinya kerap mendapatkan permintaan membersihkan dan perawatan makam secara pribadi, sehingga ada penghasilan tambahan dari penziarah yang biasanya memberi.

"Sebetulnya ada kotak amal TPU. Tapi banyak juga yang dua kali ngasih, pertama ke kotak amal, kedua ngasih ke saya secara pribadi, karena meminta makam keluarganya dibersihkan secara khusus," jelasnya.

"Terlebih saat sudah memasuki bulan suci ramadan, sering mendapati permintaan perawatan, membersihkan dan renovasi makam, yang biasanya masih terus berjalan, karena akan dikunjungi setelah hari lebaran, bahkan lebih banyak," pungkasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT