Sukabumi Update

Curug Larangan Sukabumi, Alternatif Liburan Keluarga yang Eksotis dan Mudah Dijangkau

Curug Larangan

SUKABUMIUPDATE.com - Tidak semua air terjun atau curug yang berada di wilayah Geopark Ciletuh Kecamatan Ciemas, bisa dijadikan tempat berenang. Namun ada salah satu air terjun atau curug, yakni Curug Larangan berada berada di Kampung Cisaar, Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas, anda bisa merasakan aliran air curug yang jernih, dikelilingi banyak pohon sehingga suasana di sekitarnya pun sejuk.

Curug tersebut bisa ditempuh melalui akses jalan Loji - Palangpang, dengan titik tujuan Jembatan Cisaar. Sekitar 100 meter dari jembatan, terdapat jalan setapak.

Salah satu curug atau air terjun yang eksotis dan berair jernih di kawasan Geopark Ciletuh. Dulu curug yang berada di Desa Girimukti Kecamatan Ciemas ini dikeramatkan warga karena banyak yang tidak kembali setelah mencoba kesana.

Kekinian, mitos itupun terkikis setelah makin banyak orang yang bisa menikmati kesejukan Curug Larangan. Bahkan akses jalan lingkungan hingga ke pemukiman sudah diperbaiki.

"Salah satu curug favorit untuk bermain air, ngabuburit  atau liburan keluarga," kata pengunjung Asep Rusli kepada Sukabumiupdate.com.

Kedalamannya bervariatif, kata Asep Rusli, pengunjung bisa bermain air yang jernih, bisa juga jadi tempat berenang. "Untuk masuk kelokasi curug, bayar Rp 5 ribu, adapun parkir motor Rp 5 ribu, dan mobil Rp 10 ribu," jelasnya.

"Selain untuk objek wisata Curug Larangan, akses jalan yang dibangun tersebut juga sebagai fasilitas warga, ada 40 KK, terdiri dari dua ke RT an, yakni  Kampung Cisaar, RT 3 dan RT 4/2," kata Kepala Desa Girimukti, Akung Samsudin kepada Sukabumiupdate.com, Jumat (24/3/2023).

Pembangunan jalan berupa plester dengan panjang 300 meter, lebar 2 meter, kata Akung, dulu jalan lingkungan ini berupa batu dan tanah sekarang sudah diplester agar warga dan para pengunjung lebih mudah akses ke Curug Larangan," ungkapnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT