Sukabumi Update

Warga Cijulang Sukabumi Huni Rumah Lapuk, Dibuka Donasi Bedah Rumah

Rumah milik Ahmad (50 tahun), warga Kampung Kedung RT 06/03 Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Rumah milik Ahmad (50 tahun), warga Kampung Kedung RT 06/03 Desa Cijulang, Kecamatan Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi, kondisinya rusak berat. Rumah yang lapuk dimakan usia ini dihuni seorang diri lantaran Ahmad sudah lama bercerai dengan istrinya.

"Rumahnya memang semi permanen dan sudah usang. Material bangunan sudah pada lapuk sehingga kayu dan bambu banyak yang patah," kata warga Desa Cijulang Iyus Yudiana kepada sukabumiupdate.com pada Sabtu (25/3/2023).

Iyus mengatakan Ahmad memiliki satu anak namun kini tinggal bersama mantan istrinya. Sementara terkait upaya perbaikan rumah Ahmad, Iyus mengatakan dia dan teman-temannya saat ini melakukan penggalangan dana. "Selama ini pemilik rumah kerja serabutan, kadang tidak ada kerjaan," ujar dia.

Baca Juga: Kini Huni Rumah Lapuk Sendirian, Cerita Janda Beranak 4 di Sagaranten Sukabumi

Adapun penggalangan dana dilakukan lewat menyebar poster-poster digital di media sosial. Kontak yang tercantum dalam poster tersebut adalah 085759729143 dan 085723151418. Diketahui, tanah rumah Ahmad masih milik kakaknya.

Kepala Desa Cijulang Jalaludin membenarkan ada salah satu warganya yakni Ahmad yang kondisi rumahnya tidak layak huni. "Pemdes Cijulang selama ini sudah berupaya memasukkan dalam program Rutilahu. Tahun ini juga kembali dimasukkan dalam program Rutilahu," katanya.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT