Sukabumi Update

Viral Video Sekum MUI Sukabumi di Twiter, Disebut Miliki Senjata Api dan Mau Makar

Sekretaris MUI Sukabumi dalam adegan vidoe sedang memegang senjata | Foto : ist

SUKABUMIUPDATE.com - Viral di Twiter video yang berisi sebuah adegan yang diperagakan oleh beberapa orang, video yang diposting akun salah satu pengguna Twitter @LekKacung itu menyematkan caption kata-kata yang seolah apa yang ada dalam video tersebut dari kelompok yang hari ini sedang memusuhi negara, yakni kelompok yang akan mendirikan khilafah.  

"viralkan...! Kadrun Khilafah Bajingan Sudah Memiliki Senjata Api...! Mereka mereka Mau Makar Terhadap Negara...!," tulis @LekKacung dalam captionnya. 

Dalam video yang berdurasi 48 detik itu diketahui salah seorang yang memakai pakaian khas timur tengah dengan memegang senjata (jenis senapan angin) sambil berdiri menyampaikan kata-kata dalam bahasa Arab. Dalam pidato yang dimulai dengan takbir dan diakhiri dengan takbir tersebut tidak jelas untuk maksud apa dan tujuannya apa. 

Namun jika diperhatikan dalam kalimah pidato yang disampaikan dalam bahasa Arab tersebut, jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia, berisi kurang lebih seperti ini. 

"hai para mujahid dimanapun berada. . . .(beberapa bait tidak jelas)...jadilah hamba Allah yang membunuh jangan jadi hamba Allah yang dibunuh,..." ucapnya. 

Dari amatan sukabumiupdate.com, Video yang di upload pada 24 Maret 2023 itu sudah memiliki 54,4 ribu tayangan dan 627 retwet pada minggu, (26/03/2023). 

Diketahui, dalam video itu sejatinya beberapa orang sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Sukabumi, diantaranya ada; Ujang Hamdun (diketahui sebagai Sekretaris Umum MUI Kabupaten Sukabumi) dan Razak Daud (diketahui sebagai Sekretaris Gerakan Pemuda Islam (GPI) kabupaten Sukabumi) dan dua orang lain diantaranya merupakan rekan sejawat mereka berdua. 

Sukabumiupdate.com sudah berusaha meghubungi Sekretaris Umum MUI Sukabumi Ujang Hamdun untuk mendapatkan penjelasan, Namun belum ada jawaban.

Sampai berita ini diturunkan belum ada keterangan dari pihak lainnya yang ada dalam video tersebut terkait dengan maksud dan tujuannya.

Menurut pengamatan tim sukabumiupdate.com, mungkin bisa saja mereka sedang bercanda, menirukan para kelompok pemberontak.

Sedangkan, pengguna twiter @LekKacung sendiri sepertinya akun Anonim, karena dalam foto logo dan bionya tidak memperlihatkan identitas yang jelas. Namun dalam komentar video tersebut banyak yang menduga adegan dalam video tersebut benar adanya, bukan candaan. 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT