Sukabumi Update

Ditemukan Mengambang, Wisatawan Terseret Ombak di Pantai Pasir Putih Sukabumi

Evakuasi wisatawan yang terseret ombak di Pantai Pasir Putih Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Korban ditemukan meninggal pada Rabu pagi (29/3/2023). | Foto: Basarnas

SUKABUMIUPDATE.com - Tim SAR gabungan menemukan Rifki Baehaki (18 tahun) pada Rabu pagi (29/3/2023). Rifki merupakan wisatawan asal Kabupaten Bogor yang hilang terseret ombak saat berenang di Pantai Pasir Putih Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 28 Maret 2023.

Korban ditemukan Rabu sekira pukul 08.18 WIB dalam kondisi meninggal pada radius kurang lebih 150 meter dari lokasi tenggelam atau hilang terseret ombak. Ini disampaikan Koordinator Pos SAR Sukabumi selaku On Scene Commander (OSC) dalam operasi SAR Suryo Adianto kepada sukabumiupdate.com.

"Korban kita temukan dalam kondisi mengambang di atas permukaan laut ketika tim SAR gabungan melakukan upaya pencarian di perairan," kata Suryo.

Tim SAR gabungan kemudian mengevakuasi korban menuju RSUD Jampangkulon untuk proses selanjutnya dan diserahkan kepada keluarga korban.

Upaya pencarian telah dilakukan puluhan personel SAR gabungan sejak Selasa kemarin dengan membagi area pencarian menjadi dua. Tim pertama melakukan pencarian menggunakan perahu karet dengan menyisir laut hingga radius 3 nautical mile dari lokasi kejadian. Tim kedua menyisir visual melalui jalur darat di sepanjang bibir pantai hingga radius 1 kilometer dari lokasi kejadian.

Baca Juga: Belum Ditemukan, Ini Foto Korban Hilang Terseret Ombak di Pantai Pasir Putih Sukabumi

Korban saat itu bersama lima temannya berenang di Pantai Pasir Putih. Keenam wisatawan laki-laki berusia muda itu datang ke Pantai Pasir Putih pada Selasa sekira pukul 05.30 WIB. Kemudian pukul 07.00 WIB, mereka pergi ke pantai dan pukul 08.00 WIB mulai berenang. Pantai Pasir Putih merupakan kawasan konservasi penyu.

Keenam wisatawan asal Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, tersebut semuanya berenang dan tiga di antaranya terseret ombak termasuk korban. Dua wisatawan yang terseret lainnya berhasil selamat.

Adapun unsur SAR gabungan yang terlibat dalam operasi ini adalah Pos SAR Sukabumi, Polsek Ciracap, PolAir Polres Sukabumi, PSDKP, Koramil Ciracap, P2BK BPBD Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Ciracap, SARDA Kabupaten Sukabumi, IEA Sukabumi, RAPI Lokal 13, Damkar Pos Jampang, Rukun Nelayan, RAPI Lokal 8, Relawan DOA, Remedial, Desa Pangumbahan, Balawista, dan keluarga korban.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT