Sukabumi Update

Soal Larangan ASN Bukber, Sekda Kabupaten Sukabumi: Kita Ikuti Aturan

Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman. Ade menyatakan mengikuti aturan mengenai larangan acara buka puasa bersama atau bukber di kalangan pejabat pemerintah dan ASN. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman menyatakan mengikuti aturan dari pusat mengenai larangan acara buka puasa bersama atau bukber untuk kalangan pejabat pemerintah dan ASN.

Ade menyatakan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri terkait hal tersebut dan sudah keluar. Dia menegaskan sudah jelas dalam aturan itu, ASN tak boleh melaksanakan buka puasa bersama. 

"Larangan bukber sudah jelas, dari Kemendagri sudah keluar juga, kita ASN gak boleh buka puasa bersama, kita mengikuti aturan saja kalau di daerah," ujar Ade kepada sukabumiupdate.com, Selasa, 28 Maret 2023.

Baca Juga: Cerita Seniman Simpenan Sukabumi, Baca Syahadat Sebelum Melukis Nyi Roro Kidul

Ade menjelaskan, sebelum adanya larangan buka bersama bagi pegawai pemerintah, ASN lingkup Sekretariat Daerah memang tidak memiliki rencana menggelar acara buka bersama pada Ramadhan 1444 H.

“Dulu ada rencana muhibah, muhibah kan kan tarawih ditempat pasti makan bersama, gak ada sekarang, kita mengikuti pusat," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluarkan arahan terkait dengan acara buka puasa bersama pada Ramadhan tahun ini. Jokowi meminta acara buka puasa bersama di kalangan pejabat negara hingga pegawai pemerintah ditiadakan.

Baca Juga: Sebulan Hilang, Youtuber Sukabumi Ini Diduga Dibawa Kabur Pria Dikenalnya

Arahan Jokowi tertuang dalam surat dengan kop Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor R 38/Seskab/DKK/03/2023 tertanggal 21 Maret 2023.

Hal itu kemudian ditindaklanjuti Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan menerbitkan Surat Edaran Nomor: 100.4.4/1768/SJ tentang Penyelenggaraan Buka Puasa Bersama.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT