Sukabumi Update

Toleransi dari Sidamulya Sukabumi: Umat Islam Puasa, Kristiani Ibadah Mingguan

Bhabinkamtibmas bersama pemeluk agama kristen dan Islam di Desa Sidamulya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Salah satu makna yang dapat diambil dari bulan suci Ramadhan adalah saling toleransi antarumat beragama. Nilai ini dicontohkan warga Desa Sidamulya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Dari jumlah penduduk desa kurang lebih 3 ribu orang, ada puluhan yang memeluk agama kristen.

Umat kristiani itu tinggal di Dusun Ciwangi dan Dusun Margamulya, Desa Sidamulya. Pada Minggu (2/4/2023), Bhabinkamtibmas Desa Sidamulya Aipda Asep Sunandar didampingi Kepala Dusun Ciwangi mendatangi mereka, setelah menjalankan ibadah rutin mingguan di rumah di Kampung Mekarsari RT 01/01 Dusun Ciwangi.

"Intinya kami bersilaturahmi dengan mereka. Mendengar ungkapan mereka. Selama ini tidak pernah ada pihak institusi maupun dari pemerintahan yang sengaja datang bersilaturahmi," kata Aipda Asep Sunandar kepada sukabumiupdate.com. Diketahui, masyarakat di desa tersebut juga hidup rukun berdampingan.

Baca Juga: 5 Artis Non Muslim yang Ikutan Puasa di Bulan Ramadan, Toleransi yang Indah

Asep mengatakan karena saat ini sedang Ramadhan dan umat Islam menjalankan ibadah puasa, toleransi tercipta lantaran pada Minggu ini pemeluk agama Kristen di Desa Sidamulya juga menjalankan ibadahnya. Asep mengungkapkan dirinya langsung menyaksikan adanya saling menghargai dan menghormati ibadah.

"Melihat langsung adanya saling menghargai dan menghormati ibadah yang dijalankan masing-masing. Terjaga dalam suasana kekeluargaan rasa toleransi itu," katanya. "Dari data yang kami peroleh, ada 44 jiwa yang memeluk agama Kristen di Desa Sidamulya. Kami tadi juga berbagi secara sederhana," imbuh Asep.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT