Sukabumi Update

BPBD Sebut Sedang Lelang, Kabar Terbaru Soal Perbaikan Jembatan Cicewol Sukabumi

Jembatan darurat Cicewol di jalan Cidahu, Kabupaten Sukabumi. Jembatan Cicewol amblas akibat diterjang luapan sungai Cicatih April 2021 setelah itu dibangun jembatan darurat tersebut. (Sumber : Dok.Sukabumiupdate.com)

SUKABUMIUPDATE.com - Jembatan Cicewol penghubung jalan Cidahu, Kabupaten Sukabumi mengalami kerusakan akibat diterjang luapan sungai Cicatih pada April 2021. Luapan sungai membuat tiang jembatan ambrol hingga badan jembatan amblas. 

Kejadian ini menyebabkan kendaraan tak bisa melintas dan harus mencari jalan lain. Jembatan yang menjadi penghubung Kecamatan Cidahu, Kecamatan Cicurug dan Kecamatan Parungkuda itu akhirnya mendapat penanganan yang bersifat sementara.

Penanganan itu berupa jembatan darurat, rangkanya dari besi dan alas jembatan dari kayu. 

Baca Juga: FIFA Larang Presiden Persikabo Beraktivitas di Sepak Bola Selama Dua Tahun

Masyarakat pun mempertanyakan kapan jembatan Cicewol diperbaiki secara permanen sebab hampir 2 tahun masyarakat menggunakan jembatan darurat tersebut.

Terkait hal itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi Wawan Godawan menyatakan perbaikan jembatan Cicewol di jalan Cidahu saat ini sedang lelang.

"Sedang lelang," ujar Wawan kepada sukabumiupdate.com, Selasa, 4 April 2023.

Wawan berharap tahapan lelang ini berjalan lancar karena kelancaran lelang ini akan mendukung cepatnya pelaksanaan teknis perbaikan.

"Kalau lelangnya lancar kemungkinan setelah Lebaran sudah turun SPK," kata Wawan.

Terkait dengan anggaran perbaikan, Wawan menyatakan sumbernya hibah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT