Sukabumi Update

Kobaran Api Terekam Warga, Kebakaran Hanguskan Madrasah di Surade Sukabumi

Tangkapan layar kobaran api dari kebakaran bangunan Madrasah Darul Ihya di Kampung Cimenteng RT 16/14 Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu (5/4/2023). | Foto: P2BK Surade

SUKABUMIUPDATE.com - Kebakaran menghanguskan bangunan Madrasah Darul Ihya yang terdiri dari dua lantai di Kampung Cimenteng RT 16/14 Desa Buniwangi, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Rabu (5/4/2023) sekira pukul 11.00 WIB.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Surade Solih Sunarya dalam laporannya mengatakan lantai atas bangunan madrasah terbuat dari kayu dengan ukuran sekitar 12x12 meter persegi. Pengurus madrasah adalah Samhudi (42 tahun).

Berdasarkan keterangan beberapa saksi, Solih mengungkapkan api saat itu tiba-tiba diketahui sudah membesar di bagian atas bangunan yang diduga akibat arus pendek listrik. Saksi kemudian memanggil bantuan warga sekitar untuk memadamkan api.

"Selanjutnya menghubungi pemadam kebakaran. Namun api cepat membesar karena angin yang bertiup kencang dan bahan bangunan yang mudah terbakar sehingga bangunan madrasah habis terbakar," kata Solih kepada sukabumiupdate.com.

Baca Juga: Dinsos Salurkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran di Cibitung Sukabumi

Kebakaran ini sempat terekam oleh warga. Kobaran api tampak besar dengan asap membubung di atas bangunan madrasah. Rekaman video ini tersebar di media sosial. Dari informasi yang dihimpun, saat kebakaran terjadi, madrasah sedang kosong.

Setelah beberapa waktu berusaha, api berhasil dipadamkan sekira pukul 13.00 WIB dengan kondisi bangunan hampir seluruhnya hangus. Tidak ada korban luka maupun jiwa dalam kejadian ini, tetapi kerugian ditaksir mencapai sekitar Rp 100 juta.

Upaya yang saat ini dilakukan adalah mengevakuasi sebagian barang-barang di Madrasah Darul Ihya yang tersisa dan mencari keterangan lebih utuh para saksi.

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT