Sukabumi Update

Ngabuburit dengan Panorama Alam Curug Cijengkol Rawa Ece di Cidadap Sukabumi

Curug Cijengkol di Kampung Rawa Ece, Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi. Objek wisata ini menjadi lokasi ngabuburit saat Ramadhan. (Sumber : Ragil Gilang)

SUKABUMIUPDATE.com - Ngabuburit merupakan aktivitas yang dilakukan untuk menunggu waktu berbuka saat Ramadhan. Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai hal, diantaranya mengunjungi lokasi-lokasi yang menyajikan pemandangan menarik salah satunya Curug Cijengkol di Kampung Rawa Ece, Desa Hegarmulya, Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi.

Warga biasanya datang ke Kampung rawa Ece sekitar pukul 16.00 WIB. Selain melihat secara dekat curug tersebut, ada juga yang memilih menikmati objek wisata itu dari kejauhan.

Apabila dari kejauhan, mata akan dimanjakan pemandangan yang asri berupa hamparan sawah dan beberapa rumah warga kemudian curug Cijengkol.

Baca Juga: 3 Fakta Demon Slayer: Kimetsu No Yaiba season 3 Tayang 10 April 2023!

Kadus 01 Rawa Ece, Hadim menuturkan yang datang untuk ngabuburit ke Kampung Rawa Ece sebagian besar berasal dari Kecamatan Cidadap. Selain itu ada juga pengunjung dari Kecamatan Sagaranten, Kecamatan Curugkembar dan Kecamatan Cidolog.

"Kebanyakan yang ngabuburit mulai pukul 16.00 WIB, mayoritas masih warga di Kecamatan Cidadap, ada juga beberapa pengunjung dari luar daerah," ujarnya.

Belum lama ini area curug Cijengkol dilakukan penataan dan dilengkapi fasilitas untuk pengunjung. Fasilitas yang baru selesai dibangun berupa gapura, gazebo, mushola, toilet,jembatan,lahan parkir serta plang nama Curug Cijengkol.

Baca Juga: 7 Titik Ini Diprediksi Macet Saat Mudik Lebaran 2023, Ada Sukabumi!

Kendati sudah dilakukan penataan, tapi untuk sementara tiket masuk masih gratis "Belum ada pungutan biaya masuk," kata dia.

Curug tersebut berjarak 10 kilometer dari kantor Kecamatan Cidadap. Bagi yang berminat mengunjungi Curug Cijengkol, dari kantor kecamatan perjalanan dapat ditempuh dengan motor dan mobil melewati Desa Cidadap dan Mekartani.

Namun apabila membawa mobil hanya bisa sampai di Kampung Rawa Ece saja dan perjalanan dilanjutkan berjalan kaki sedangkan bagi motor bisa masuk ke area curug.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT