Sukabumi Update

Kades Sukamaju Kadudampit Bicara Pembangunan Jalan Lingkar Utara Sukabumi

Lingkar Utara Sukabumi | Foto : dok.SU

SUKABUMIUPDATE.com - Berdasarkan site plan pembangunan jalan lingkar utara Sukabumi yang menghubungkan wilayah Kadudampit dengan Sukalarang akan dibangun tiga buah jembatan di wilayah desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit.

Ketiga jembatan tersebut adalah jembatan box culvert yang akan melintasi sungai Cinumpang dengan panjang 22 meter lebar 2.5 meter, yang kedua jembatan Cilebaksiuh yang memiliki panjang 20 meter dengan lebar 7 meter, dan yang ketiga jembatan Pasirtugu dengan panjang 20 meter dan lebar 20 meter.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi, ketiga jembatan tersebut nantinya akan menghubungi jalan lingkar utara dari Kadudampit ke Sukalarang dengan panjang jalan sekitar 25,4 Km. Tentunya pembangunan jalan tersebut, menurut Asjap, panggilan Asep Japar, tidak akan sekaligus namun bertahap.

Baca Juga: DPRD Beri Catatan Soal Pembangunan Jalan Lingkar Utara Sukabumi

"Mudah-mudahan bisa selesai pada tahun 2024, mengenai anggaran kita akan minta bantuan ke pemerintah pusat dan provinsi" jelas Asjap.

Dihubungi melalui saluran telpon, Herlan Kepala Desa Sukamaju Kecamatan Kadudampit Kabupaten Sukabumi, mengatakan pihaknya sangat mendukung atas pembangunan jalan lingkar utara tersebut, setidaknya pembangunan jalan tersebut akan mengungkit sektor perekonomian di wilayahnya.

"Potensi agrobisnis dan agriwisata di daerahnya juga akan semakin dikenal oleh masyarakat luar daerah," jelas Herlan kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (08/04/2023). 

Baca Juga: Gandeng PTPN VIII, Pemkab Sukabumi Kebut Pembangunan Jalur Lingkar Utara

Namun, Ia berharap kepada masyarakat di desanya, ketika jalan tersebut digunakan bisa merasakan sisi positifnya, bukan hanya jadi penonton,

"Insyallah potensi agrowisata dan agrobisnis andalan desa kami, akan lebih dikenal oleh masyarakat luar daerah, kedepan kami berharap bisa berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik pihak swasta maupun pemeritah daerah" imbuh Herlan.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT