Sukabumi Update

BPBD Bongkar Alat Peringatan Tsunami Rusak di Tegalbuleud dan Ciracap Sukabumi

BPBD Kabupaten Sukabumi membongkar alat EWS tsunami di Kecamatan Tegalbuleud dan Kecamatan Ciracap. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - BPBD Kabupaten Sukabumi mengecek dan membongkar alat sistem peringatan dini atau early warning system (EWS) tsunami yang terpasang di Kecamatan Tegalbuleud dan Kecamatan Ciracap. Pembongkaran dilakukan pada 5 dan 6 April 2023.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan didampingi Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi mengecek dan membongkar alat EWS di beberapa titik. Total ada delapan alat EWS tsunami yang dibongkar.

Rinciannya, di Kampung Cibeureum dan Kampung Margahayu, Desa Buniasih, Kecamatan Tegalbuleud. Kemudian di Kampung Panginumunan dan Kampung Karanganyar, Desa/Kecamatan Tegalbuleud.

Selanjutnya di Kampung Cibuaya dan Kampung Kalapa Condong, Desa Pangumbahan, Kecamatan Ciracap. Terakhir di Kampung Cipaku dan Puskesmas Wisata, Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap.

Baca Juga: BPBD Sebut Sedang Lelang, Kabar Terbaru Soal Perbaikan Jembatan Cicewol Sukabumi

Manajer Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan alat-alat EWS itu sudah rusak sehingga dilakukan pembongkaran. Ini juga berdasarkan keluhan masyarakat lantaran khawatir dapat membahayakan warga setempat sehingga akan dilakukan pemeliharaan.

"Sementara kita amankan dulu sebelum ada pemeliharaan tsunami early warning system (TEWS)," kata Daeng menjelaskan kondisi alat yang sudah dipasang sejak 2013.

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT