Sukabumi Update

Mengulik Potensi Wisata Muara Ciparanje Tegalbuleud Sukabumi

Muara Ciparanje, Desa Tegalbuleud, Sukabumi | Foto : Ragil

SUKABUMIUPDATE.com - 'Muara' dalam istilah sungai merupakan hilir atau ujung dari aliran sungai di tepi laut. Muara Ciparanje sendiri adalah hilir dari aliran Sungai Ciparanje.

Sungai Ciparanje merupakan sungai yang melintasi dua wilayah; Desa Buniasih dan Desa Tegalbuleud di Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi.

Sungai Ciparanje dengan panjang 10 kilometer, sumber air dihulunya terletak di Leuweung Hideung. 

Keberadaan Sungai Ciparanje telah menjadi sumber pengairan bagi warga sekitar, terutama untuk pertanian.

Baca Juga: Bebas dari Penjara, Anas Urbaningrum Trending Topic di Media Sosial Twitter

Muara Ciparanje memiliki debit air yang konstan, walaupun jika musim hujan kadang ada banjir besar kiriman dari hulu sungai. Hal tersebut dengan sendirinya menjadikan air terbendung dalam jumlah banyak sebelum masuk ke laut. Sehingga membentuk muara yang besar dan menjadi pesona alam yang indah. 

Di bibir Muara Ciparanje terdapat dataran luas dengan tumbuhan rumput hijau menghampar. Warga sekitar memanpaatkan hamparan tersebut sebagai tempat menggembala sapi. 

"sudah berpuluh tahun, tempat ini dimanpaatkan warga untuk menggembala sapi, setidaknya 20-30 ekor sapi milik warga setiap hari bertebaran disini," ungkap seorang warga Desa Telabulued.   

"Sumber air Sungai Ciparanje adalah dari Leuweung Hideung, panjang sungai ini sekitar 10 kilometer, hingga ke Muara Ciparanje, dekat dengan Muara Cibuni," kata Kepala Desa Buniasih, Badrudin kepada Sukabumiupdate.com, Selasa (11/4/2023).

Baca Juga: Ngobrolin Sukabumi, Safari Ramadhan Fikri Abdul Aziz di Kampung Inggris

Kasi Binwas Tegalbuleud, Leni Nurliah menyebutkan Muara Ciparanje di wilayah Kampung Datarnangka, Desa Tegalbuleud, tempatnya sangat berpotensi untuk pengembangan wisata alam.

"Terlihat suasana para penggembala sapi, dan keindahan muara serta laut," terangnya.

Menurut Leni, saat ini sudah mulai banyak pengunjung untuk berlibur dan melihat keindahan Muara Ciparanje. "Kelokasi ini sudah mulai banyak dikunjungi warga, baik dari Pajampangan, maupun luar daerah," imbuhnya.

"Keindahan Muara Ciparanje berpadu dengan potensi agrobisnis dalam bidang peternakan sapi menjadikan potensi wisata alam yang menarik untuk dikembangkan," pungkas Leni. 

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT