Sukabumi Update

Lewat Sanlat, Disdikbud Dorong Pembentukan Karakter Siswa di Kota Sukabumi

(Foto Ilustrasi) Disdikbud Kota Sukabumi mendorong sanlat menjadi salah satu kegiatan pembentukan karakter peserta didik. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Sukabumi mendorong pesantren kilat (sanlat) menjadi kegiatan pembentukan karakter peserta didik. Ini kemudian diharapkan dapat membuat para siswa lebih religius.

"Setiap sekolah melaksanakan sanlat untuk pembentukan karakter peserta didik," kata Kabid Dikdas Disdikbud Kota Sukabumi Roni Abdurahman, Selasa, 11 April 2023.

Roni berharap sanlat yang dilaksanakan pada Ramadhan ini mampu terlaksana dengan baik dan menghasilkan para pelajar yang berakhlakul karimah. Adapun soal kenakalan remaja, kata dia, akan dilakukan pembinaan, salah satunya melalui program sanlat.

Baca Juga: Edaran Disdikbud Kota Sukabumi: Pelajar Dilarang Bukber, Cegah Tawuran dan Konvoi

"Kalau tahun-tahun sebelumnya, sanlat ini biasanya diakhiri buka puasa bersama di sekolah. Namun sekarang kami sudah melayangkan surat edaran larangan kegiatan buka puasa bersama di sekolah," ujar dia.

Pada situasi lain, pihak sekolah sebaiknya menghabiskan energi para peserta didik di sekolahnya dengan kegiatan bermanfaat seperti ekstrakurikuler, baik akademik maupun non akademik. "Jadi saat anak pulang sekolah itu energinya sudah terkuras dengan kegiatan yang sifatnya positif di sekolah,” kata Roni.

(Advertorial)

Editor : Oksa Bachtiar Camsyah

Tags :
BERITA TERKAIT