Sukabumi Update

Wabup Dampingi Menteri KKP Tinjau Pendangkalan di Dermaga Palabuhanratu Sukabumi

Wabup Dampingi Menteri KKP Tinjau Pendangkalan Sungai di Dermaga Palabuhanratu. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)

SUKABUMIUPDATE.com - Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri mendampingi kunjungan kerja Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI Sakti Wahyu Trenggono, di Pelabuhan Perikanan Nusantara Palabuhanratu (PPNP) untuk peninjauan sungai Cipatuguran karena adanya pendangkalan serta pengerukan balong di kawasan Dermaga Palabuhanratu, Jumat (14/4/2023).

Wabup Iyos mengapresiasi kunker Menteri KKP di Kabupaten Sukabumi, lantaran bisa menerima keluhan para nelayan secara langsung terhadap pemerintah pusat.

"Menurut saya ini sangat luar biasa, karena pak Menteri Kelautan begitu respon dengan kondisi pendangkalan di kawasan PPNP," kata Wabup usai melakukan peninjauan.

Menurut Iyos, terjadinya pendangkalan kolam itu disebabkan oleh beberapa faktor, satu diantaranya faktor sampah. Oleh karena itu dirinya mengimbau kepada masyarakat agar membiasakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Baca Juga: Curah Hujan Tinggi, Dermaga dan 7 Lokasi Lainnya di Palabuhanratu Sukabumi Banjir

"Pengerukan sungai Cipatuguran adalah kewenangan pemerintah provinsi, maka dari itu kita akan dorong kepada PUPR provinsi untuk segera ditindaklanjuti," ujarnya.

Wabup berharap, kementerian Kelautan dan Perikanan untuk segera menindaklanjuti hasil kajian di PPNP Palabuhanratu, terutama dalam perumusan masalah pendangkalan, hal tersebut sangat berdampak terhadap perekonomian para nelayan di Kabupaten Sukabumi.

"Kalau balong ini tidak dangkal maka jangkauan nelayan akan lebih luas, sehingga bisa mempermudah akses mata pencaharian para nelayan," tuturnya,

Pada kesempatan tersebut Menteri KKP didampingi Wabup Iyos melakukan peninjauan di seputar lokasi pendangkalan.

Hadir pada acara tersebut, Dinas Perikanan, Forkopimcam, Kapolres, Dandim 0622, serta tamu undangan lainnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT