Sukabumi Update

Skenario Rekayasa Lalin Antisipasi Macet Arus Lebaran 2023 di Jalur Utara Sukabumi

Kemacetan di Jalur Utara Sukabumi Pada Libur Pasca Lebaran Idulfitri 2022. (Sumber : Dok. SU)

SUKABUMIUPDATE.com - Jalur Utara diprediksi akan menjadi salah satu titik macet di Kabupaten Sukabumi pada puncak Arus Mudik Lebaran 2023. Oleh karena itu, Polisi mengaku sudah menyiapkan rencana rekayasa lalu lintas sebagai antisipasi macet di jalur tersebut.

“Apabila nanti jalur Utara dari mulai Cicurug ke Cibadak itu padat, kita akan alihkan khusus untuk kendaraan kecil belok ke jalur alternatif Tenjoayu tembusnya nanti di simpang Koramil,” kata Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede usai apel gelar pasukan Operasi Ketupat Lodaya 2023 di Lapang Canghegar Kecamatan Palabuhanratu, Senin (17/4/2023).

Kemudian, kata Maruly, untuk jalur Cibadak apabila full, Polisi akan mengalihkan khusus kendaraan kecil yang menuju ke Palabuhanratu untuk melewati simpang Nagrak.

“Jadi ini hasil dari apel gelar pasukan dan juga Tactical Floor Game (TFG) hari ini. Khusus untuk jalur utara sejak hari ini dimulainya operasi ketupat lodaya, untuk jam 17:00 WIB kendaraan besar sesuai aturan yang berlaku dilarang untuk melintas jalur utara tersebut. Kecuali ada beberapa kriteria kendaraan seperti angkutan BBM, angkutan mudik, angkutan air minum, dan kendaran lain yang sifatnya khusus ,” imbuhnya.

Baca Juga: 3 Link Live Streaming CCTV Lalu Lintas, Ada Sukabumi Utara-Palabuhanratu

Selain itu, Kapolres yang akrab disapa Aa Dede itu juga menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kemacetan di jalur wisata. Yaitu pada H+1 lebaran, Polisi akan mengarahkan semua kendaraan wisatawan yang akan menuju ke Palabuhanratu untuk hanya melewati jalan Warungkiara saja.

“Jadi untuk kendaraan wisata yang akan masuk ke Palabuhanratu kita arahkan hanya melewati jalan Warungkiara. Kemudian untuk kembali yaitu sore hari dari mulai H+1 sampai dengan selesai liburan, jalur kembali hanya kita arahkan melalui jalur jalan Cikidang sehingga tidak ada stuck seperti tahun-tahun sebelumnya sampai krodit,” kata Maruly.

“Silahkan para masyarakat dan wisatawan diikuti saja rencana rekayasa arus yang akan diberlakukan dan mudah mudahan perjalanan wisatanya bisa lebih nyaman,” tambahnya.

Dalam rangka pengamanan mudik lebaran 2023, Polres Sukabumi telah menyiapkan 400 personil dibantu petugas gabungan dari unsur TNI hingga OPD.

“Yang memang kita ajak untuk sama sama kita menjaga supaya arus mudik dan arus wisata di kabupaten Sukabumi bisa jauh lebih baik dan lancar,” tandasnya.

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT