Sukabumi Update

Pria ODGJ Asal Sukaraja Sukabumi Telah Dibawa ke Rumah Sakit

Dede Imran, pria yang merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kampung Nagrak RT 03/08, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, telah dibawa ke Rumah Sakit dr. H. Marzoeki Mahdi, Bogor. (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Dede Imran (28 tahun), pria yang merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kampung Nagrak RT 03/08, Desa Limbangan, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, telah dibawa ke Rumah Sakit dr. H. Marzoeki Mahdi, Bogor.

Hal tersebut diungkapkan Abdulah, kakak Dede Imran. Menurut Abdulah, pada Senin, 17 April 2023, adiknya dijemput langsung oleh pihak Phala martha Sukabumi kemudian pihak Puskesmas bahkan kepala desa datang langsung membawa ambulans.

Abdulah menyatakan, adiknya akan dirawat di Rumah Sakit dr. H. Marzoeki Mahdi selama satu minggu.

Baca Juga: Cerita Ibu di Sukaraja Sukabumi Berharap Anaknya yang ODGJ Sembuh

"Kalau dari pihak rumah sakit katanya 3 mingguan, apabila ada perkembangan akan dipulangkan kemudian dilanjutkan kontrol rutin ke RS Bunut [RSUD R Syamsudin SH]," ujarnya.

Abdulah menurutkan selain membantu adiknya, Phala Martha juga memberikan bantuan usaha untuk ibunya, Nurlaela Sari.

Mewakili pihak keluarga, Abdulah berterima kasih kepada pihak yang telah membantu. Dia berharap adiknya itu dapat sembuh seperti sedia kala.

Dede mengalami gangguan kejiwaan ketika kerja sebagai tukang bangunan di Bogor. Kala itu, Dede bekerja bersama teman-temannya.

Baca Juga: Diperbaiki, Ini Penyebab Amblasnya Jalan Lingkar Selatan Sukabumi

"Suka dicekokin obat warna kuning sama teman-temannya, pas pulang dari Bogor itu dia suka murung di kamar, pokoknya selama 4 bulan dia itu ngurung di kamar, takut ketemu sama orang, katanya kaya raksasa," ujar ibu Dede, Nurlaela kepada sukabumiupdate.com, Sabtu, 15 April 2023.

Semenjak itu kondisi Dede kian memprihatinkan. Dede sering kali mendadak mengamuk.

"Kalau sekarang suka ngamuk-ngamuk, terus suka bakar-bakar di kamar, takutnya kebakaran, kemarin juga adiknya pernah dilempar sama batu, gatau marah gara-gara apa, ibu mah takut kalau [mencelakai] ke tetangga," ujarnya.

Pihak keluarga sudah berupaya mengobati Dede dengan pengobatan alternatif, namun tak ada perubahan. Apabila ke rumah sakit, keluarga mengkhawatirkan soal biaya.

Editor : Andri Somantri

Tags :
BERITA TERKAIT