Sukabumi Update

Sekda Sukabumi Monitoring Arus Mudik, Lalu lintas di Exit Tol Bocimi Seksi 2 Mulai Meningkat

Sekda Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman monitoring posko pemantauan arus mudik di Cibadak Sukabumi | Foto : dokpim

SUKABUMIUPDATE.com - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi, Ade Suryaman lakukan monitoring di Posko Pemantauan Arus Mudik Lebaran 1444 H di wilayah Kecamatan Cibadak dan exit tol Bocimi Parungkuda, Rabu (19/04).

Monitoring di laksanakan untuk mengecek kesiapan posko dan kesiapan para personil gabungan diantaranya Polres, Dishub dan Pramuka yang bertugas hari ini sampai dengan nanti tanggal 1 Mei 2023, menghadapi mudik tahun ini berbagai persiapan telah dilakukan dengan baik oleh jajaran Pemerintah Provinsi, Kabupaten Sukabumi, Polres, Kodim dan unsur lainnya.

Sekda mengatakan bahwa arus mudik terpantau mulai meningkat oleh karena itu para personil harus menjaga kesehatan dan menjaga ke kompakan dan kesiapsiagaan. "Semua terlihat sudah siap dalam melaksanakan tugas mulai hari ini sampai tanggal 1 Mei 2023, saya bepesan kepada para petugas yang melaksanakan tugas nya agar selalu menjaga kesehatan dan menjaga kekompakan, mudah mudahan semua nya berjalan dengan lancar," ungkapnya.

Sekda berharap masyarakat yang melakukan mudik bisa kembali dan berangkat lagi dengan selamat dan selalu meningkatkan kewaspadaan dan mengutamakan kenyamanan bersama.

Baca Juga: Rayakan Idul Fitri Jumat 21 April, Inilah 16 Lokasi Pelaksanaan Salat Ied Warga Muhammadiyah Sukabumi

Sementara itu, pada H-3 jelang Lebaran 1444 Hijriyah/2023 Masehi, Jalan Tol Bocimi seksi 2 jalur Bogor menuju Sukabumi, mengalami kepadatan arus lalu lintas. Sedangkan jalan arteri, tepatnya dari arah Sukabumi menuju Bogor terpantau ramai lancar, begitupun sebaliknya. Kendaraan didominasi sepeda motor dan mobil pribadi roda 4.

Dari pantauan sukabumiupdate.com, tim urai Satuan Samapta Polres Sukabumi, bersiaga dijalur utara, amankan arus mudik. Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede memimpin langsung keberangkatan Tim urai Satuan Samapta Polres Sukabumi yang akan mempertebal pengamanan jalur utara Kabupaten Sukabumi, guna mengantisipasi potensi peningkatan arus mudik ke wilayah Sukabumi H-3 menjelang lebaran Idhul Fitri 1444 H / 2023 M.

"Pagi tadi saya bersama para pejabat utama, akan mendampingi tim urai Satuan Samapta Polres Sukabumi, untuk memperkuat pengamanan jalur utara Kabupaten Sukabumi,” Terang AKBP Maruly Pardede kepada sukabumiupdate.com, pada Rabu (19/04/23).

Menurutnya, penggunaan tim urai Satuan Samapta itu, akan berkolaborasi dengan Satuan Lalulintas Polres Sukabumi guna mengantisipasi potensi peningkatan arus lalin dijalur utara pada arus mudik kali ini.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik Lebaran Dimulai, Prediksi Pergerakan 123,8 Juta Orang

“Kita akan mewaspadai peningkatan arus mudik pada hari ini, terutama mulai menjelang sore hari sampai malam nanti. Adapun puncak mudik diprediksi mulai besok sampai malam takbiran," ungkapnya.

Ia menjelaskan, nantinya tim urai tersebut akan ditempatkan pada jalur-jalur padat seperti Pasar Cibadak dan Simpang Ratu Kecamatan Cibadak. Dengan keberadaan tim urai itu diharapkan Maruly, dapat segera mengurai titik-titik simpul kemacetan apabila terjadinya kemacetan. “Penggunaan tim urai tersebut akan digunkan secara situasional sesuai situasi kondisi dilapangan,” tandasnya.

Editor : Syamsul Hidayat

Tags :
BERITA TERKAIT