Sukabumi Update

Hilal Tak Terlihat di POB Cibeas Sukabumi, 1 Syawal Diperkirakan Jatuh pada 22 April 2023

Rukyatul Hilal awal Syawal 1444 H di Pusat Observasi Bulan atau POB Cibeas Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas Supendi)

SUKABUMIUPDATE.com - Dewan Hisab dan Rukyat (DHR) Kabupaten Sukabumi melaporkan hasil Rukyatul Hilal awal Syawal 1444 H di Pusat Observasi Bulan atau POB Cibeas Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi dengan titik Markaz -7 derajat 1 menit 44,6 detik LS, 106 derajat 33 menit 27,8 detik BT.

Tim yang melaksanakan Rukyatul Hilal terdiri dari H. Dede Sudanta (Ketua DHR Kab. Sukabumi, KH. Aang Muhammad Yahya (Tim Ahli Dhr Kab. Sukabumi), KH. Aceng Mahmud Ridwan (Tim Ahli DHR Kab. Sukabumi), K.H Asep Saprudin (Tim Ahli DHR Kab. Sukabumi), Tim Rukyat Hilal DHR Kab. Sukabumi, Tim Rukyatul Hilal Kemenag Kab. Sukabumi, Tim Rukyatul Hilal BHR Kota Sukabumi dan Tim Rukyatul Hilal BHR Kab. Cianjur.

Baca Juga: Tempat Rukyatul Hilal, Nikmati Wisata Langit di Cibeas Sukabumi Sambil Ngabuburit

Berdasarkan rilis yang diterima sukabumiupdate.com, proses Rukyatul Hilal di POB Cibeas Sukabumi yang dimulai pukul 17:51 WIB setelah terbenam matahari selama 7 menit 21,41 detik, Kamis (20/4/2023), telah melaporkan bahwa hasil HILAL TIDAK TERLIHAT.

Isbat hasil rukyat di POB Cibeas ini dilakukan oleh Pengadilan Agama Cibadak Sukabumi dengan Hakim yang memeriksa berkas dan yang menetapkan Dra. Ma'ripah (Ketua Pengadilan Agama Cibadak) dan panitera Pupu Syaripuddin, S.Ag.

Hasil ini dilaporkan ke Kementerian Agama pusat untuk di istbatkan secara nasional.

"1 Syawal 1444 H bertepatan hari Sabtu 22 April 2023. Keputusan resmi menunggu pengumuman pemerintah dalam hal ini Menteri Agama RI," tulis Tim DHR Kabupaten Sukabumi dalam rilis tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sukabumi Asep Dayat mengatakan, pada saat pelaksanaan penetapan awal bulan Syawal 1444 H di POB Cibeas, ternyata Rukyatul hilal tidak terlihat meskipun cuaca sangat cerah.

"Biarpun memang cuacanya bagus, paginya cerah, tadinya hujan sedikit, akhirnya hilal tidak kelihatan," kata Asep kepada awak media di lokasi.

 

Editor : Denis Febrian

Tags :
BERITA TERKAIT